Blogger Jateng

File Kisi-Kisi Pretest UKG Geografi

Halo sahabat-sahabat guru sekalian yang berbahagia seluruh Indonesia, di potensi ini aku akan sedikit membagikan file bahan kisi-kisi pretest UKG Geografi. 

Pretest UKG yakni salah satu tahapan permulaan bagi seorang guru yang hendak mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan.

Untuk bisa mengikuti pretest ini anda mesti terdaftar dahulu di dapodik lalu nanti akan timbul di SIM PKB dan menunggu program pretest. 

Saya sendiri sudah terdaftar di dapodik semenjak dinas di Kalimantan Selatan sehingga saat pindah ke Bekasi masih nyambung dan hanya dalam waktu 1 tahun telah ikut pretest.

Saya akan bercerita sedikit dulu perihal bagaimana bisa lulus pretest UKG. Jadi aku mengalami dua kali kesempatan test bareng guru-guru lainnya dalam satu sekolah. Di potensi pertama saya tidak lulus. 

Pertama kali mencoba mengerjakan soal pretest sangat tidak biasa sebab soal-soalnya utamanya geografi dominan tipe HOTS lalu ditambah TPA dan Pedagogik.

Lalu setelah pretest pertama gagal, muncul lagi peluang pretest kedua. Nah saya lalu berlatih melakukan soal-soal TPA dan Geografi yang HOTS. Alhamdulillah di potensi kedua ini saya menyanggupi syarat untuk lulus UKG.
Kisi-KISI Pretest UKG Guru
Tahun ini saya lanjut mengikuti PPG Dalam Jabatan dan sedang tahap melaksanakan modul daring. Bagi sobat-sahabat yang masih berjuang di pretest UKG, jangan patah semangat. Saran saya terus banyak membaca dan berlatih melakukan soal-soal TPA dan Pedagogik (banyak di google tinggal cari). 

Untuk bahan profesional berikut ini aku berikan kisi-kisi UKG Geografi yang pernah saya peroleh dari MGMP, agar berfaedah dan gampang-mudahan materinya tidak jauh berlawanan untuk tahun-tahun kedepannya. Tidak ada keberhasilan dan usaha, jerih payah dan doa.

LINK KISI-KISI UKG GEOGRAFI