Blogger Jateng

Contoh Soal Pretest PPG Geografi Ketahanan Pangan, Industri, Energi Alternatif di Indonesia

Oke teman-sahabat ILMUGURU se Indonesia, kali ini lanjut saya akan coba berikan contoh soal pretest PPG Geografi.

Contoh soalnya tentang bahan ketahanan pangan, industri, energi di Indonesia. Jangan lupa share dan datangi juga channel ILMUGURU di youtube. 
Indikator: Menganalisis kesempatansumber energi alternatif Materi Pokok: Ketahanan Pangan, Industri dan Energi Alternatif di Indonesia
36.    Salah satu ciri daerah yang mampu dimanfaatkan selaku penghasil sumberdaya energi alternatif berbentukpembangkit listrik tenaga angin yaitu ...
A.    Dekat dengan pantai
B.    Berasal dari tiga arah angin
C.    Berada di kawasan indonesia bab timur
D.    Kecepatan angin tahunan 3,4 -4,5 m/detik
E.    Dipengaruhi oleh angin orografis

Jawaban D Pembahasan:
Potensi sumber energi alternatif yakni di luar minyak bumi:
1.    Biofuel, atau materi bakar hayati ialah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar baik padat, cair dan gas yang dihasilkan dari materi-bahan organik. 


Sumber biofuel ialah tumbuhan yang mempunyai kandungan gula yang tinggi seperti tebu dan tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati yang tinggi sepeti kelapa sawit dan ganggang.
2.    Biomassa, adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada materi biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum usang mati. 


Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu dan limbah. Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti yang dikala ini sudah bangkit di Gorontalo yang mempergunakan tongkol jagung.
3.    Energi panas bumi, atau sering kita dengar selaku panas bumi ialah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. 


Energi panas bumi diyakini cukup irit, berlimpah, berkelanjutan dan ramah lingkungan. Namun pemanfaatannya masih terkendala pada teknologi eksploitasi yang hanya bisa menjangkau disekitar lempeng tektonik.
4.    Energi air, yakni salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling biasa . Sumber energi ini ditemukan dengan mempergunakan energi berpeluang dan energi kinetik yang dimiliki air. 


Saat ini, sekitar 20% konsumsi listrik dunia dipenuhi dari pembangkit listrik tenaga air. Di Indonesia saja terdapat puluhan PLTA yang sudah terbangun, mirip PLTA Singkarak (Sumatera Barat), PLTA Gajah Mungkur (Jawa Tengah), dan masih banyak lagi.
Pembangkit listrik angin di Sidrap Sulawesi Selatan
5.    Energi angin, atau bayu ialah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin dipakai untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik. 

Kecepatan minimal angin yang diharapkan adalah kecepatan angin tahunan 3,4 -4,5 m/detik. Pemanfaatan energi angin menjadi listrik di Indonesia telah dilaksanakan mirip pada pembangkit listrik yang terdapat di Bantul, Yogyakarta.
6.    Energi matahari, atau surya yakni energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari. Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang terdapat di Indonesia antara lain : PLTS Karangasem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT).

7.    Gelombang Laut, atau ombak yaitu energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpeluang tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang bahari. Sayangnya sumber energi alternatif ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

8.    Pasang Surut Air Laut, adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air maritim, pertama adalah perbedaan tinggi rendah air bahari dikala pasang dan surut. 


Yang kedua adalah arus pasang surut utamanya pada selat-selat yang kecil. Layaknya energi gelombang laut, Indonesia mempunyai peluangyang tinggi dalam pemanfaatan energi pasang surut air bahari. Sayangnya, sumber energi ini belum termanfaatkan.