Blogger Jateng

Contoh RPP Geografi Abad 21 4C High Order Thinking

Menyusun lesson plan alias RPP itu memang gampang-gampang sulit ya sobat-teman guru. 
Apalagi sekarang ada model terbaru RPP periode 21, hadeuh apa lagi tuh. Dalam PPG Daljab ini semua guru dibekali ilmu menciptakan RPP Jaman now Abad 21.
Lalu apa bedanya RPP Abad 21 dengan RPP sebelumnya. Yang jelas RPP Abad 21 ada bagian 4 C ialah creative, collaborative, creative dan communicative. Waduh terus gimana dong, tambah galau nih guru-guru Indonesia. 
Makanya melalui PPG Daljab ini saya juga mendapatkan embel-embel ilmu modern alias update ihwal bagaimana teknik menyusun lesson plan jaman now. Meski agak ribet di awal juga namun niatkan untuk menimba ilmu saja nanti akan terasa ringan.
Komponen RPP Abad 21
Apa perbedaan fundamental di RPP kala 21 ini?.  Pertama kompetensi dasar berisikan 1 satu pasang KD memuat aspek wawasan dan kemampuan. Ini sudah ada di lampiran silabus geografi, tinggal kopas aja jadi se Indonesia pasti sama.
Kedua tata cara pembelajaran diarahkan pada saintifik method atau pembelajaran yang berpusat pada siswa alias student centre. 
Anda bisa menentukan model-model belajar yang banyak mulai dari yang inquiry, masalah based, cooperative jigsaw dan macam-macam lah, ada banyak sumbernya di internet juga.
Ketiga dalam tindakan aktivitas pembelajaran mesti memuat komponen 4C (Colaborative, Creative, Critical Thinking dan Communication)
Dari mulai apersepsi juga mesti terpelajar menciptakan pertanyaan pembuka yang menciptakan siswa tergugah untuk berguru dan bersifat kontekstual.
Keempat dari sisi evaluasi beritpe autentik berisikan evaluasi pengetahuan, perilaku dan keahlian. Semuanya punya rubrik masing-masing. Hmmm..gimana masih besar lengan berkuasa jadi guru?.
Berikut acuan RPP Geografi Abad 21 4C kelas XI tentang bahan dinamika penduduk. RPP pola ini disusun untuk 1 pertemuan saja, dan ini hasil revisi dari dosen pembimbing saya ketika daring online. 
Semoga bermanfaat. Untuk RPP full mungkin akan bertahap sebab gempor juga kalau nyusunnya, butuh jam terbang. 
Jangan lupa like blognya dan share sebanyak-banyaknya ya. Tetap semangat guru Indonesia. Baca juga: Langkah penyusunan RPP Saintifik Abad 21
CONTOH RPP GEOGRAFI ABAD 21 KELAS XI