Blogger Jateng

Jawaban Soal PPG Geografi Analisis Sebaran Flora Fauna

Halo sobat-sahabat ILMUGURU se Indonesia, masih sibuk dengan peran modul PPG nya?. Soal-soal PPG geografi sangat menantang bukan untuk ditaklukan?. 

Oke kali ini saya akan coba bagikan lagi teladan soal PPG beserta jawabannya. Subtopik yang menjadi soal adalah ihwal dinamika biosfer ialah sebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia.

1. Simak dan cermati tentang keadaan geologi Indonesia menurut contoh peta di bawah ini!
Peta geologi
Tugas: Buatlah diagram hubungan antar fenomena dari peta diatas dan bagaimana proses keterkaitannya dengan keanekaragaman tumbuhan dan fauna di Indonesia?

Pembahasan:
Indonesia terletak diantara 3 batas tepi lempeng aktif yaitu Eurasia, Indo Australia dan Pasifik. Interaksi ketiga lempeng ini menciptakan Indonesia menjadi sebuah busur kepulauan vulkanik paling besar di dunia. 

Sebelum menjadi negara kepulauan,dulu terdapat dua paparan besar yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Paparan Sunda meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan sementara Paparan Sahulu mencakup Papua dan Australia.

Sebelum jaman es mencair, binatang-hewan dari Asia mampu bermigrasi hingga ke Indonesia alasannya adalah tidak ada kendala perairan seperti dikala ini. Kangguru di Australia mampu hingga ke Papua dan macan, gajah mampu bermigrasi dari Asia ke Indonesia. 

Setelah es mencair di era pleistosen maka paparan besar kemudian menjadi laut sehingga binatang yang bermigrasi tidak mampu kembali lagi ke kawasan asalnya.

Interaksi lempeng juga menciptakan kondisi geomorfologi Indonesia sungguh kompleks mulai dari pegunungan, lembah, dataran tinggi, pantai, rawa dan lainnya. Hal ini kuat pada sebaran hewan serta vegetasi yang berkembang di daerah tersebut. 

Ada berbagai jenis hutan yang berkembang di Indonesia ialah hutan hujan, hutan isu terkini, hutan sabana, hutan rawa dan hutan bakau. 

Indonesia sekarang dibagi menjadi 3 zona sebaran flora fauna yaitu Indonesia barat bertipe Asiatis, Indonesia tengah bertipe peralihan, dan Indonesia timur bertipe Australis. Contoh tumbuhan fauna khas Indonesia adalah:
1. Indonesia Barat
- Flora : Raflesia, Jati, Rotan
- Fauna, Badak, Gajah, Bekantan, Harimau
2. Indonesia Tengah
- Flora : Lontar, Cendana
- Fauna : Komodo, Anoa, Kuda
3. Indonesia Timur
- Flora : Sagu, Anggrek Hitam
- Fauna : Walaby, Kasuari, Cenderawasih