Blogger Jateng

Contoh Soal PPG Geografi Analisis Sumberdaya HOTS

Halo sahabat-teman ILMUGURU sebangsa dan setanah air Indonesia. Kali ini kita bahas soal geografi PPG Prajab tapi model hots.

Nampaknya guru yang sedang mengikuti PPG alias Pendidikan Profesi Guru sedang sibuk-sibuknya nih jawab soal-soal yang diberikan dosen. 

Saya akan berikan acuan soal PPG dan jawabannya. Ingat soal-soal PPG didesain level tinggi alias HOTS jadi harus sering membaca dan menalar sebuah kejadian. Coba cek pola soal geografi mengerikan dibawah ini!

Contoh Soal PPG
1. Gunakan peta persebaran sumberdaya alam kepulauan Indonesia dan berikutnya buat analisa kekerabatan antara lokasi geografi dengan keberadaan kesempatansumberdaya alam yang terdapat pada wilayah tersebut. A

pa jenisnya? Dimana? Seberapa besar potensinya? Mengapa berada di lokasi tersebut? Apa yang diperoleh masyarakat setempat atau penduduk Indonesia lazimnya atas kekayaan sumberdaya alam tersebut?

Pembahasan
Analisa keruangan peluangsumberdaya alam Indonesia
1. Apa jenis sumber daya alam memiliki peluang tersebut?
Sumberdaya alam memiliki peluang Indonesia salah satunya yakni karst atau kapur.

2. Dimana lokasi keterdapatan karst tersebut?
Salah satu lokasi keterdapatan karst di Indonesia yaitu di Pegunungan Sewu Gunung Kidul Yogyakarta.

3. Seberapa besar peluangkarst di Gunung Kidul?
Luas tempat karst Gunung Kidul sekitar 807 km persegi, atau 53% dari luas Kabupaten Gunung Kidul yang 1.483 Km persegi. 

4. Mengapa pegunungan karst terbentuk di Gunung Kidul? 
Proses pembentukan pegunungan (orogenesa) di Pegunungan Selatan ini oleh Sumosusastro (1956; dalam Samodra, 2005) dibagi kedalam tiga tahapan, masing-masing selama Mesozoikum, Tersier, dan Kwarter. 

Pada Mesozoikum wilayah ini ialah cekungan besar (geosinklin) yang memanjang arah barat timur. 

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya batuan pratersier bersifat genang laut. Orogenesa antara kapur-miosen menimbulkan geosinklin terangkat ke permukaan. Pada eosen tengah terjadi pengangkatan kembali, sehingga batuan pra tersier dan eosin permulaan timbul di permukaan. Eosen selesai merupakan fase tenang, di cekungan diendapkan batugamping. 

Pada oligosen awal terjadi orogenesa berpengaruh yang melibatkan seluruh batuan pra tersier dan eosin yang meletakkan batuan tersebut pada kedudukan mirip kini. Pada Oligosen selesai-miosen awal terjadi aktivitas gunungapi bawah laut dan rampung pada miosen tengah.
Morfologi pegunungan Sewu yang menarik
5. Apa yang diperoleh penduduk setempat atau penduduk Indonesia lazimnya atas kekayaan sumberdaya alam tersebut?
Kawasan karst mempunyai fungsi utama selaku penyimpan air yang menyanggupi air baku bagi ratusan ribu penduduk yang hidup di dalamnya, daerah ini juga berfungsi selaku penjaga keseimbangan ekosistem regional

Kawasan karst Gunung Kidul dimanfaatkan penduduk untuk berbagai kepentingan mulai dari budidaya pertanian sampai perkebunan jati dan ekowisata. Di tahun 2015 Pegunungan Sewu dinobatkan UNESCO menjadi daerah geopark dunia. 

Hal ini mempunyai efek pada kian banyaknya program ekowisata di wilayah tersebut sehingga memajukan pemasukan warga. 

Museum karst juga dibangun serta biro-biro pemandu rekreasi susur gua, sungai mulai banyak bermunculan untuk mengakomodasi turis yang hendak berlibur dan mencar ilmu memahami daerah karst.