Blogger Jateng

Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Geografi Materi Konsep Dasar

Halo teman-sobat siswa/i sebangsa dan se tanah air Indonesia, di awal tahun pedoman gres ini supaya kalian tetap semangat untuk belajar menjangkau prestasi dan cita-cita. 

Kali ini aku akan coba berikan acuan soal dan pembahasan UNBK Geografi materi Konsep Geografi. Konsep dasar geografi itu didalamnya ada rancangan IGI, pendekatan, prinsip dan aspek geografi. 

Kalian mesti mampu memahami bahan tersebut. Jangan lupa share ke sahabat-sobat lain ya dan jangan takut pilih geografi alasannya soalnya gak terlalu susah kok, malah pendek-pendek dibandingkan sosiologi dan ekonomi.

A. Sub Topik Konsep Geografi 
1. Kota Purwakarta memiliki cadangan stok beras yang melimpah tetapi tidak ada stok minyak goreng. Di lain pihak kota Banjarmasin memiliki stok minyak goreng melimpah tetapi minim stok beras. Oleh sebab itu kedua kawasan melakukan koordinasi perdagangan untuk memenuhi keperluan satu sama lain. Konsep geografi yang tepat fenomena diatas yakni ....
a. lokasi
b. nilai guna
c. asosiasi
d. interaksi
e. aglomerasi

Pembahasan:
Dalam soal tampakbahwa ada dua tempat yang mempunyai kesempatansumber daya yang berlainan. Karena perbedaan peluangtersebut maka terjalin koordinasi perdagangan. Ini mengambarkan adanya interaksi antara dua wilayah. Kaprikornus jawabannya yakni rancangan interaksi.

2. Rumah Pak Budi dekat ke stasiun MRT tetapi jauh ke terminal bisa sementara rumah Bu Maya jauh ke stasiun MRT tetapi bersahabat ke terminal. Konsep geografi yang tepat fenomena diatas yakni ....
a. jarak sewenang-wenang
b. lokasi relatif
c. lokasi adikara
d. aglomerasi
e. acuan

Pembahasan:
Di soal tersebut tampakada 2 lokasi rumah yaitu rumah Pak Budi dan Bu Maya. Kedua rumah itu dibandingkan secara relatif lokasinya ke stasiun MRT dan terminal. Makara jawabannya yaitu lokasi relatif.

3. Petani di Desa Kasihan Bantul terkenal punya produktivitas pertanian yang bagus. Dalam setahun lahan pertanian di desa tersebut ditanam dengan urutan padi-kacang tanah-padi selama setahun. Konsep geografi yang cocok dengan fenomena tersebut ialah ....
a. lokasi
b. interaksi
c. perkumpulan
d. teladan
e. aglomerasi

Pembahasan:
Fokus pada pernyataan paragraf terakhir adalah pada urutan penanaman budidaya padi-kacang tanah-padi dalam setahun. Pernyataan itu merupakan rancangan contoh (acuan pertanian).

4. Kota Cirebon berada di kawasan pesisir utara Jawa sehingga masyarakatnya banyak yang menciptakan industri terasi. Konsep geografi yang tepat fenomena itu ialah ....
a. lokasi
b. interaksi
c. asosiasi
d. pola
e. aglomerasi

Pembahasan:
Ada kaitan keadaan fisik daerah dengan kondisi penduduk yang logis. Cirebon yaitu kawasan dekat pantai jadi sungguh logis masyarakatnya menciptakan industri terasi alasannya adalah bahan dasar terasi adalah udang yang banyak terdapat di maritim. Ini yaitu rancangan perkumpulan atau keterkaitan antar unsur pembentuk ruang.

B. Sub Topik Pendekatan Geografi
1. Perhatikan gambar di bawah!
Angin muson timur
Setiap tahun daerah Indonesia dilalui dua angin muson. Angin muson timur berhembus dari Australia menenteng udara kering dan menghadirkan kemarau di Indonesia. Pendekatan yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
a. keruangan
b. ekologi
c. kelingkungan
d. regional
e. kompleks kawasan

Pembahasan:
Fenomena diatas ialah fenomena alam murni di atmosfer jadi pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan keruangan. Pendekatan keruangan lebih menilai keadaan ruang dari elemn-unsur alamiah pembentuk ruang tersebut.

2. Pembangunan objek rekreasi di area Taman Nasional Komodo menciptakan daerah tersebut menjadi kotor oleh sampah wisatawan. Pemerintah menetapkan untuk menutup Taman Nasional tersebut dari kegiatan wisata hingga tamat tahun. Pendekatan yang tepat untuk mengkaji fenomena tersebut yaitu ....
a. keruangan
b. spasial
c. kelingkungan
d. regional
e. kompleks wilayah

Pembahasan:
Dalam paragraf diatas terperinci fokus utama yaitu pada adanya gangguan manusia kepada lingkungan. Kaprikornus pendekatan paling sempurna yaitu pendekatan ekologi atau kelingkungan.

C. Sub Topik Prinsip Geografi
1. Indonesia memiliki peluangwisata bahari yang populer dan indah. Diantara lokasi tersebut yakni di Bunaken, Karimun Jawa, Wakatobi dan Raja Ampat. Prinsip geografi yang cocok dengan paragaf tersebut yakni ....
a. interelasi
b. deskripsi
c. korologi
d. penjabaran
e. distribusi

Pembahasan:
Dalam paragraf tersebut tampakada sebaran lokasi-lokasi rekreasi maritim. Kaprikornus jawabannya ialah prinsip penyebaran. 

2. Akhir tahun 2018 Indonesia mengalami petaka lagi ialah terjadinya fenomena likuifaksi di Palu. Fenomena likuifaksi ini diawali oleh gempa yang berpusat di sesar Palukoro dan menimbulkan pencairan tanah sehingga satu kecamaran hilang ditelan bumi. Prinsip geografi yang sempurna dengan paragaf tersebut yaitu ....
a. interelasi
b. deskripsi
c. korologi
d. penjabaran
e. distribusi

Pembahasan:
Dalam paragraf diatas memperlihatkan info penyebab likuifaksi di Palu yang diawali oleh gempa di patahan Palukoro. Ini ialah prinsip keterkaitan atau interelasi.

D. Sub Topik Aspek Geografi
1. Fenomena:
1) puting beliung di Bogor
2) kebakaran lahan di Riau
3) pergerakan tanah di Sukabumi
4) migrasi penduduk Jakarta saat lebaran
5) kenaikan pendapatan perkapita nasional

Aspek fisik geografi terdapat di angka ....
a. 1), 2) dan 3)
b. 2), 3) dan 5)
c. 3), 4) dan 5)
d. 1), 4) dan 5)
e. 1), 3) dan 5

Pembahasan:
Aspek fisik adalah semua hal yang terjadi alami sementara faktor non fisik yakni semua hal yang berhubungan dengan insan. Makara faktor fisik ada pada angka 1, 2 dan 3.