Blogger Jateng

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 21-25

Halo sobat-sobat sekalian lanjut lagi kali ini kita akan bahas soal UNBK Sosiologi 2018 nih. 

Simak baik-baik ya dan jangan lupa share ke sahabat-sobat lainnya. Jangan mengalah dan tetap semangat memburu impian.
Pembahasan UNBK Sosiologi
1. Perhatikan bagan stratifikasi di bawah ini! Stratifikasi sosial diatas menunjukkan perbedaan status sosial berdasarkan .... a. jumlah pendapatan yang diperolehnya b. status berdasarkan kepemilikan saham c. digariskan sejak kelahirannya di dunia d. tingkat pendidikan non formal individu e. ciri homogenitas anggota golongan
Pembahasan: Pada gambar tampakadanya startifikasi sosial berdasarkan jabatan yang pastinya berpengaruh pada penghasilan yang diperolehnya. Kaprikornus, stratifikasi sosial pada gambar tersebut memberikan adanya perbedaan status sosial berdasarkan jumlah pemasukan yang diperolehnya.
2. Perhatikan skema berikut ini! Bagan struktur sosial diatas memberikan potensi .... a. terwujudnya proses integrasi sosial b. terbentuknya interaksi sosial
c. terjadinya disorganisasi sosial
d. timbulnya konsolidasi
e. terjadinya disintegrasi sosial

Pembahasan: Pada gambar tampakbahwa suku Batak maupun suku Jawa sama-sama menempati profesi selaku penjualmaupun pegawai. Kondisi tersebut memperlihatkan adanya interseksi yang berujung pada terwujudnya proses integrasi sosial.
3. Masyarakat merupakan sekumpulan individu yang tergabung dalam beberapa golongan sosial horizontal, contohnya perbedaan ras dalam penduduk . Deskripsi tersebut mampu dilihat pada acuan berikut, yakni ….  a. Ada pengaruh perbedaan gender dalam lapangan kerja. b. Terdapat kombinasi suku bangsa yang mempunyai bahasa berlawanan.
c. Adanya individu yang bermacam-macam warna kulit dan bentuk rambut.
d. Ragam akidah penduduk memengaruhi korelasi sosial. e. Terdapat berbagai metode hubungan yang berbeda di penduduk .
Pembahasan: Penggolongan penduduk secara horizontal adalah pembagian masyarat berdasarkan ciri khasnya secara setara, artinya tidak ada yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah. Pada soal penggolongan masyarakat secara horizontal tampakpada adanya individu yang beragam warna kulit dan bentuk rambut.
4. Partisipasi para warga yang tergabung dalam golongan pemerhati lingkungan, pelestari budaya dan olahragawan berkontribusi dalam meningkatkan daerah. Kelompok sosial pada acuan di atas termasuk tipe ….  a. in group b. out grup c. referen d. informal e. formal
Pembahasan: Kelompok informal adalah kelompok yang tidak mempunyai organisasi dan struktur yang pasti dan lazimnya terbentuk karena seringnya pertemuan antar anggota yang mempunyai pertemuan dan pengalaman yang serupa. 

Kaprikornus, kelompok pemerhati lingkungan, pelestari budaya serta olahragawan yang berkontribusi dalam meningkatkan daerah termasuk kelompok informal kerena mereka membentuk golongan tanpa adanya organisasi serta struktur yang jelas dan membentuk sebuah kalangan karena adanya kepentingan maupun pengalaman yang sama.
5. Warga sebuah komplek perumahan, secara periodik melakukan acara pemberantasan sarang nyamuk untuk kesehatan lingkungan. Contoh tersebut menawarkan adanya peranan dari warga perumahan dalam bentuk gemeinschaft, yaitu ….  a. Berpartisipasi aktif di acara RT/RW masing-masing.
b. Menjalin kekerabatan interaksi antarwarga keseluruhan.
c. Menjaga keamanan lingkungan kawasan setempat. d. Menerapkan peraturan yang berlaku di lingkungan. e. Meningkatkan pemasukan masing-masing warga.
Pembahasan: Gemeinschaft merupakan kehidupan yang mempunyai ikatan batin yang kokoh bersifat alamiah dan infinit. Pada soal di atas, warga komplek secara periodik melakukan pemberantasan sarang nyamuk. 

Hal ini menawarkan adanya kehidupan paguyuban yang tampakdari terjalinnya kekerabatan interaksi antarwarga secara keseluruhan yang merepresentasikan bahwa mereka mempunyai ikatan batin yang kuat satu sama lain dengan terwujudnya sebuah bentuk kolaborasi dalam aktivitas pemberantasan sarang nyamuk. 

Soal berikutnya cek link disini.Soal berikutnya