Blogger Jateng

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 16-20

Halo sahabat-teman sekalian lanjut lagi aku akan coba diskusikan soal UNBK Sosiologi tahun 2018. 

Semoga berguna dan jangan lupa share ke sobat-sahabat lain ya!. Soal sosiologi itu panjang-panjang lho jadi pastikan baca dengan seksama dan teliti soalnya!.  
Pembahasan UNBK Sosiologi 2018
1. Penjahat ditangkap polisi alasannya adalah melakukan langkah-langkah kekerasan yang menimbulkan korban tewas. Lembaga pengendalian yang tepat untuk menanggulangi duduk perkara tersebut ialah lembaga ….  a.  penegak hukum b. perlindungan saksi dan korban c. pembuat undang-undang d. swadaya masyarakat e. pertolongan hukum 
Pembahasan: Lembaga pengadilan berperan selaku pinjaman eksekusi dari pelanggaran yang sudah dijalankan. Makara, forum pengadilan berfungsi sebagai penegak hukum.
2. Ragil merantau ke kota. Di kota ia bergaul dengan penduduk sekitar mempelajari kebiasaan-kebiasaan orang di kota dengan tujuan supaya dapat mengikuti keadaan dengan nilai dan norma penduduk . Dalam ilustrasi tersebut, Ragil melaksanakan sosialisasi dengan tujuan ….  a. mengetahui maksud dan tujuan merantau
b. mengenali keanekaragaman kebudayaan penduduk
c. mengerti dan mengerjakan aturan yang berlaku
d. membantu keluarganya yang ditinggalkan di daerah
e. mengetahui dengan rinci lingkungan fisik yang gres

Pembahasan: Tujuan sosialisasi yakni agar individu gres bisa diterima dan berpartisipasi dalam masyarakat dengan mempelajari nilai/norma yang berlaku dalam masyarakat. 

Jadi, upaya Ragil untuk mempelajari kebiasaan orang kota biar mampu menyesuaikan diri dan diterima masyarakat sekitar semoga mampu dan menjalani aturan yang berlaku dan diterima oleh masyarakat tersebut.
3. Perhatikan contoh berikut!
(1) Ani terpilih selaku ketua OSIS lantaran memiliki pengetahuan yang luas dan jiwa kepemimpinan yang anggun.
(2) Seorang dokter yang bertugas secara profesional dan sepenuh hati kepada penduduk mendapat anugerah dokter pola.
(3) Agus karyawan gres yang memiliki kesanggupan IT diberikan jabatan yang lebih tinggi dari karyawan yang tidak mempunyai kesanggupan IT.

Contoh di atas memperlihatkan aspek pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah ….
a. perbedaan kesanggupan individu b. penggunaan metode demokrasi c. pergeseran struktur pekerjaan d. pengukuhan otoritas profesi e. perbedaan status individu
Pembahasan:
Pengembangan diri yang dilakukan unuk mengasah keterampilan serta minat dan bakat merupakan salah satu faktor pendorong mobilitas sosial untuk meraih kehidupan yang lebih baik. 

Jadi, pernyataan pada duduk perkara tersebut tergolong ke dalam faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial dengan memakai metode demokrasi yang menekankan pada pengembangan diri serta potensi yang dimiliki setiap individu.
4. Perbedaan persepsi antargenerasi anyir tanah dan generasi muda dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan, kadang periode memunculkan pertentangan sosial. Penyebab terjadinya pertentangan sosial tersebut karena adanya perbedaan ….  a. struktur budaya b. kepentingan c. pendapat d. etnitias e. etika
Pembahasan: Perbedaan persepsi antara generasi renta dan muda dalam menerapkan nilai keagamaan sering kali meninggalkan kontradiksi yang disebabkan oleh perbedaaan struktur kebudayaan penduduk . Hal ini terjadi selesai struktur dan budaya masyarakat mampu memengaruhi cara pandang seseorang.
5. Contoh kontradiksi:
(1) Perseteruan antara dua kalangan pemuda kesannya diatasi oleh tokoh masyarakat.
(2) Ada pihak ketiga yang ikut terlibat dalam persoalan perebutan tanah antara kedua belah pihak.
(3) Penggusuran rumah warga oleh seorang pebisnis yang melibatkan pihak ketiga.

Contoh-teladan di atas menawarkan adanya upaya pemecahan persoalan ialah ….
a. melibatkan pihak ketiga yang lebih tinggi kedudukannya b. adanya pemaksaan dalam menyelesaikan dilema
c.kedua belah pihak saling meminimalkan permintaan
d. menyerahkan masalah pada hukum formal
e. menunjuk forum yang berwenang mendamaikan

Pembahasan: Salah satu upaya solusi problem yakni memakai pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut biasanya kedudukannya lebih tinggi untuk menjadi penengah maupun pengambilan keputusan dari pihak-pihak yang berselisih. 

Jadi, dari tiga contoh soal kontradiksi pada soal tampakadanya penyelesaian dilema dengan menggunakan pihak ketiga yang posisinya lebih tinggi. Soal berikutnya cek disini