Blogger Jateng

Kunci Jawaban SBMPTN Geografi 2017 Part 3

Halo bro sis seluruh Indonesia yang berbahagia, kali ini lanjut lagi ya aku akan coba berikan teladan pembahasan soal SBMPTN Geografi 2017 nomor 7-9. Jangan lupa share ke teman-sobat lain dan like blognya. 
 
Pembahasan SBMPTN Geografi 2017

7. Sistem proyeksi yang sempurna untuk memetakan sebuah tempat pada posisi lintang 80 derajat – 90 derajat Lintang Utara yakni ....
A. Kerucut
B. Silinder
C. Azimuthal
D. Mercator
E. Transversal

Pembahasan:
Ada 3 tipe proyeksi peta ialah proyeksi azimuthal, kerucut dan silinder. Proyeksi azimuthal cocok memetakan tempat kutub atau lintang tinggi, proyeksi kerucut cocok memetakan wilayah lintang sedang dan proyeksi silinder cocok memetakan kawasan lintang rendah atau tropis. Kaprikornus jawabannya adalah C.

8. Objek hutan alam pada citra satelit pengeinderaan jauh multispektral berciri ....
A. Tekstur agresif, pola terorganisir dan rona terang
B. Tekstur agresif, teladan tidak terencana dan rona gelap
C. Tekstur halus, acuan terstruktur dan rona jelas
D. Tekstur kasar, teladan tidak terorganisir dan rona gelap
E. Tekstur halus, teladan tidak teratur dan rona terang

Pembahasan:
Coba kamu cek google map/earth dan lihat hutan tropis dari udara. Objek hutan alam pada gambaran akan mempunyai tekstur garang, contoh tidak terorganisir dan tona gelap. Tekstur kasar lantaran pepohonan yang heterogen, pola tidak terencana alasannya ketinggian pohon tidak sama dan jenisnya variatif sementara rona gelap disebabkan oleh daun yang menyerap berkas cahaya dan tidak dipantulkan sehingga tampakgelap.

9. Komoditas ekspor yang dominan dari Indonesia ke Amerika Serikat ....
A. Produk tekstil
B. Hasil pertanian
C. Bahan kimia
D. Hasil hutan
E. Bahan makanan

Pembahasan:
Untuk soal ini maka mesti dicek data ekspor Indonesia ke AS. Ternyata paling banyak adalah tekstil, nih cek di bawah datanya dari BPS.
Data Ekspor Indonesia ke Amerika Serikat