Blogger Jateng

Ciri Masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum

Guys kira-kira bumi kita ini udah berapa lama sih usianya?. Menurut hebat geologi nih bumi kita ini telah sekitar 4,6 milyar tahun usianya lho!. 

Lalu apa aja yang terjadi selama 4,6 milyar tahun tersebut?. Teori astronomi menyatakan bahwa alam semesta ini diandalkan berawal dari Big Bang atau ledakan besar satu titik tunggal 13,7 milyar tahun lalu. 

Hasil ledakan tersebut membentuk gugusan galaksi dan benda-benda langit lain hingga metode tata surya dan bumi.
Awalnya bumi kita ini hanyalah gumpalan panas yang terus berputar membulat kemudian mendingin hingga terbentuk kenampakan fisik seperti saat ini. Jadi bumi kita itu mengalami evolusi yang kita sendiri cuma bisa melihatnya dari sisa-sisa fosil aja. 

Menurut jago geologi sejarah, bumi mengalami empat pertumbuhan abad yaitu Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.
a. Masa Arkaekum Masa arkaekum adalah masa tertua guys dan diperkirakan terjadi 2,5 milyar tahun kemudian. Pada kurun ini kondisi bumi masih labil alias gundah dan kerak bumi masih dalam pembentukan, jadi gak ada pulau-pulau dan daratan ya guys. 

Di periode ini belum ada tanda-tanda kehidupan juga karena suhu bumi masih panas banget dan gak mampu mahluk hidup untuk tinggal.
b. Masa Paleozoikum Masa paleozoikum berjalan 500-450 juta tahun kemudian dimana pada kurun ini keadaan bumi udah mulai stabil, suhunya mulai acuh taacuh dan gejala kehidupan awal alias primitif sudah ada. Mahluk yang muncul adalah mahluk bersel satu atau mikroorganisme.
Setelah mikroorganisme timbul lalu ada hewan tipe ikan tak berahang ialah trilobit, amphibi dan beberapa ganggang. Masa ini disebut juga selaku zaman primer atau kehidupan awal. 
kira bumi kita ini udah berapa lama sih usianya Ciri Masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum
Fosil trilobit
c. Masa Paleozoikum Masa paleozoikum disebut juga zaman sekunder atau kehidupan kedua dan diperkirakan berjalan 245-65 juta tahun kemudian. Di era ini bumi udah jauh kian stabil guys. Hewan-binatang berbadan besar mulai hadir mirip dinosaurus, mammoth dan harimau purba. Menjelang berakhirnya kurun ini, timbul berbagai jenis burung dan mamalia.
Masa mesozikum sering juga disebut zaman reptil. Dinosaurus menguasai nyaris sepanjang abad ini namun kemudian punah secara datang-datang alias massal  65 juta tahun lalu. Katanya siah sebab adanya ukiran meteorit raksasa di tempat Meksiko. Pada selesai periode ini mamalia mulai muncul beragam.
d. Masa Neozoikum Masa ini hewan berkuran besar alias jumbo mulai jauh menyusut. Neozoikum dibagi menjadi zaman tersier dan kuarter. Zaman tersier berjalan sekitar 60 juta tahun lalu dengan dicirikan oleh kedatangan jenis primata mirip monyet. 

Zaman kuarter dibagi menjadi kurun plesitosesn dan holosen. Kala pleistosen diperkirakan selaku permulaan mulai manusia purba muncul sementara era holosen yakni era dimana insan terbaru atau homo sapiens mulai meningkat sampai ketika ini. 

Makara kita kini hidup di era holosen ya guys. Gambar: disini Baca juga: Soal Prediksi KSN Kebumian Bab Geomorfologi