Blogger Jateng

5 Trik Menaklukan Soal UNBK, USBN Geografi

Halo sobat-sobat sekalian sebangsa dan setanah air Indonesia. Kali ini saya akan coba menunjukkan sedikit kiat nih perihal bagaimana sih menaklukan soal-soal UNBK atau USBN Geografi. 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa pelajaran geografi ternyata masih menjadi pelajaran yang merepotkan di mata siswa-siswi Indonesia. 

Buktinya yakni nilai rata-rata UN nasional masih sungguh jauh dari cita-cita. Kalau aku tidak salah nilai rata-rata masih di bawah 60. Tapi kan ada sekolah yang mampu rata-rata UN 80 ke atas?. 

Memang ada sekolah seperti itu namun pasti itu sekolah yang pakai metode saringan artinya yang masuk udah siswa pinter semua, gurunya cuma diam aja siswa belajar sendiri.
Masalahnya ialah fasilitas dan prasarana pendidikan tidak merata di Indonesia dan pada umumnya mutu sekolah di pelosok jauh dengan di perkotaan, ini fakta lho ya. 

Balik lagi ke cara menaklukan soal-soal geografi, saya cuma ingin memperlihatkan suntikan motivasi dan tips-kiat agar semua siswa mampu melaksanakan soal dengan baik. 

Ingat bahwa persyaratan soal cobaan itu relatif sama dan kita cuma perlu sedikit trik saja untuk memahaminya. Ingat bahwa "perjuangan" adalah hal wajib yang dimiliki siswa dan guru. Trik seampuh apapun tidak akan memiliki kegunaan tanpa perjuangan alias mustahil. 

Berikut ini sedikit kiat dan trik menjawab soal geografi dari aku, mudah-mudahan mampu memiliki kegunaan.
1. Kerjakan Soal Mudah Dulu Hal pertama yang harus kau pahami bahwa pengerjaan soal ujian itu sudah dipatok dan didesain oleh para hebat-jago terlatih alias bukan sembarang orang membuatsoal. Pengalaman aku bahwa komposisi soal UNBK, USBN Geografi itu adalah 60% soal gampang, 30% soal sedang, dan 10% soal susah. 

Jadi ga semua soal misal dari 50 soal, semuanya susah. Makara usahakan jalankan yang gampang dahulu yang 60%. Artinya apa? Soal ini memiliki potensi kau jawab benar sehingga bila kau mencar ilmu dengan baik maka mampu menjawab 60% soal ini. 

Contoh bernafsu seperti ini jika jumlah soal 50 maka 30 soal yakni soal tipe gampang (60%). Artinya kau benar 30 aja sudah mampu 60 kan nilainya (dikali 2)?. Sisanya baru kau lakukan soal yang menengah sampai sukar (HOTS). 
Lalu soal-soal apa sih yang masih kategori mudah?. Ini biasanya relatif dan tiap siswa punya pandangan masing-masing. Namun aku sendiri selaku guru, soal geografi mudah diantaranya bahan: 1. Aspek geografi 2. Siklus Air 3. Titik Henti 4. Ciri dan sebaran negara maju dan meningkat 5. Iklim Junghuhn 6. Lapisan Atmosfer 7. Dampak interaksi desa kota 8. Penentuan lokasi industri 9. Tahap kemajuan desa 10. Gerakan lempeng 11. Jenis-jenis migrasi 12. dst
Makara tolong sebisa mungkin seringlah berlatih menjawab soal-soal level mudah dari cobaan tahun-tahun sebelumnya. Maka pasti kau akan sudah biasa nanti ketika melakukan soal UNBK dan USBN.
2. Pahami Pola Soal Kedua adalah kau harus bisa memahami contoh soal. Saya lihat acuan soal tiap tahun tidak banyak berganti drastis kok. Maksudnya contoh itu apa sih?. 

Gini guys, hidup kita ini bergotong-royong mengikuti contoh-contoh tertentu dan berkesinambungan. 

Contohnya kau bangun tiap hari pukul 5 pagi, mandi pukul 5, sholat 5 waktu. Itu semua ialah acuan, ingat desain geografi acuan kan?. 
Sama halnya dengan soal geografi jika kau bersungguh-sungguh alias sering baca dan melakukan soal-soal geografi maka secara tidak sadar acuan soal akan terekam dan terinstal di otak kau. 

Kamu tidak akan terkejut ketika mendapatkan soal tertentu alasannya pengalaman kamu telah biasa lihat dan mengerjakannya. 

Itulah yang dinamakan acuan. Sesuatu yang absurd namun memang sering dilakukan dan yakin itu yaitu benar.
3. Sering Lihat Peta dan Gambar Fenomena Nah ingat bahwa geografi itu citra bumi kan?. Hampir 50% soal geografi ada gambar-gambarnya kan?. 

Makanya kamu harus banyak melihat gambar fenomena dan peta buta alias blank map. Nanti akan selalu ada peta sebaran binatang, vegetasi, negara atau apalah. Luangkan waktu melihat peta dan gambar-gambar. 

Saya sendiri prihatin alasannya masih banyak siswa yang gak mampu untuk sekedar buat peta Indonesia di papan tulis meskipun tidak butuhmirip2 banget (pengalaman). 

Artinya kecerdasan spasial anak perlu diasah dan ini keharusan ILMUGURU untuk memotivasi anak. Nah coba bila misal saya tanya gambar di bawah ini menerangkan apa coba?
Ini peta apa ya?
4. Tulis Kata Kunci Nah trik keempat ialah buatlah keyword untuk membuat lebih mudah mengerti desain-konsep tertentu. Membuat keyword ini seperti mind map jadi kamu nanti bisa menjabarkan lebih terperinci bahan lewat keyword ini jadi gak perlu repot-repot. Contoh nih: 1. Lokasi otoriter = angka astronomis 2. Lokasi relatif = lingkungan sekitar 3. Proyeksi azimuth = kutub 4. Desa swasembada = maju 5. Desa swakarya = transisi 6. dst 
5. Buat Komunitas Belajar Nah yang terakhir, agar kamu gak berjuang sendiri maka buatlah komunitas berguru atua gabung komunitas berguru yang terkait geografi. Ingat tidak ada manusia yang hidup dan meningkat sendiri, perlu mengingatkan satu sama lain. 

Cari sobat kau yang niat ingin mencar ilmu bersamadan ingin bisa nilai geografi elok. Buat program diskusi mencar ilmu bareng, as simple like that!. 

Ehm..nah sedikit isu nih ILMUGURU membuat chanel youtube untuk membicarakan soal-soal geografi UN, USBN, OSN dll. Jadi pastikan subscribe dan bersiaplah untuk menaklukkan soal-sosl geografi. Link youtube cek disini