Blogger Jateng

Pembahasan UNBK Geografi 2018 Nomor 26-30 Kode A

Selamat pagi sobat-teman geografi lover, kali ini aku akan lanjut lagi untuk memperlihatkan pembahasan soal UNBK Geografi 2018 Kode A. 

Materi yang akan dibahas yaitu nomor 26-30 dengan sebaran materi ialah Bahan Galian, Dinamika Penduduk dan Pembangunan Berkelanjutan. Jangan lupa share dan like blog ini!. Selamat mencar ilmu.
26. Bahan galian: 1) minyak bumi 2) batubara 3) uranium 4) platina 5) kaolin Barang tambang strategis yakni pada angka ....
Kunci: Ingat menurut UU Industri bahan galian dibagi menjadi bahan galian A (strategis), galian B (vital), dan galian C (non vital). Bahan galian strategis misalnya minyak bumi, batubara, uranium, timah, tembaga.
27. Setelah musim tanam tamat, Pak Akri pergi ke kota bekerja selaku buruh harian. Menjelang masa panen ia kembali desa untuk memanen sawahnya. Mobilitas ini dinamakan ....
Kunci: Mobilitas tersebut masuk tipe sirkuler atau sementara alias musiman. Fenomena ini banyak ditemui di Indonesia. Jika mobilitas dijalankan bolak-balik dalam satu hari dan terencana maka disebut komuter.
28. Cara menanggulangi persoalan natalitas penduduk kalau piramida penduduk mirip ini yakni?
Piramida penduduk
Kunci: Piramida diatas masuk tipe perluasan atau muda. Solusinya antara lain dengan acara KB, UU Batasan Usia Pernikahan, Program Transmigrasi.
29. Salah satu persoalan kependudukan Indonesia adalah mutu kesehatan rendah. Usaha untuk mengatasinya yaitu ...
Kunci: Masalah kesehatan di Indonesia mampu tertuntaskan dengan beberapa kebijakan seperti: - pemerataan fasilitas kesehatan ke pelosok kawasan - sosialisasi hidup sehat - mempertahankan kebersihan lingkungan - acara MCK gratis  - pemerataan dokter dan perawat ke seluruh kawasan
30. Tindakan yang merefleksikan pembangunan berkesinambungan di bidang transportasi adalah ....
Kunci: - memakai sepeda ke tempat kerja - memakai angkutanpublik - tidak memasang knalpot racing