Blogger Jateng

Kunci Jawaban SBMPTN Geografi 2018 Part 3

Halo sahabat-sahabat sekalian pecinta geografi seluruh Indonesia. Kita akan coba latihan soal geografi lagi ya!.

Kali ini saya akan coba berikan kunci tanggapan pembahasan SBMPTN Geografi 2018 nomor 10-14. Simak baik-baik dan share ke sobat-sahabat yang lain.
1. Ragam spesies flora dan fauna di daerah ekuator lebih banyak dibandingkan kawasan lain di bumi.  SEBAB Daerah tropika mempunyai kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup kebanyakan. 
Kunci  Jumlah spesies tumbuhan dan fauna di kawasan ekuator lebih banyak dibandingkan daerah lain di bumi karena kawasan ekuator yang beriklim tropis memiliki keadaan lingkungan yang relatif sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya. 

Suhu dan curah hujan yang besar membuat beragam jenis flora dapat hidup. Makara kawasan tropis itu surganya biodiversitas tumbuhan fauna dunia.
Hal ini dikarenakan tanaman memerlukan air serta suhu yang sesuai. Semakin banyak air yang tersedia, maka bertambah banyak pula tanaman yang dapat hidup. 

Semakin banyak flora yang hidup, maka bertambah banyak pula hewan yang hidup di dalamnya. Daerah tropik punya curah hujan tinggi sehingga kandungan air tanah relatif tinggi. Kaprikornus, pernyataan dan alasan benar berhubungan. 
Pembahasan SBMPTN Soshum
2. Pesisir timur Sumatra lebih berisiko terjadi peristiwa tsunami dibandingkan pesisir barat Sumatra.  SEBAB Daratan pesisir timur Sumatra sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa-rawa. 
Kunci  Pesisir timur Sumatra tidak berisiko peristiwa tsunami alasannya adalah konferensi Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia ada di sebelah pesisir barat-selatan Sumatra. 

Daerah pesisir timur Sumatra sebagian besar berbentukdataran rendah dan rawa, sedangan kawasan pesisir barat-selatan Sumatra sebagian besar berupa rangkaian pegunungan. Kaprikornus, pernyataan salah, tetapi argumentasi benar. 
3. Faktor penarik yang menjadikan terjadinya perpindahan masyarakatdari kota ke desa yakni ....  (1) harga tanah yang murah (2) ketentraman hidup yang tinggi (3) ikatan kekeluargaan yang tinggi  (4) keselamatan hidup yang terjamin 
Kunci  Faktor penarik (dari kota) yang menyebabkan perpindahan masyarakatdari kota ke desa meliputi: harga tanah yang murah; ketentraman hidup yang tinggi; ikatan kekeluargaan yang tinggi; keamanan hidup yang terjamin; dan ongkos hidup yang rendah. Jadi, semua balasan benar. 
4. Secara geografis, garis lintang pada peta dunia mampu dipakai untuk memperlihatkan ....  (1) perubahan cuaca  (2) perbedaan demam berita  (3) pergantian waktu  (4) perbedaan iklim 
Kunci  Garis lintang digunakan untuk mengetahui perbedaan musim dan iklim. Garis lintang tengah bumi adalah khatulistiwa. Garis bujur dipakai untuk mengetahui perbedaan waktu. Kaprikornus, akibat yang benar yakni nomor 2 dan 4.