Blogger Jateng

Soal High Order Thinking Skill Geografi Hidrosfer

Halo teman-teman sekalian, kali ini aku akan coba lagi memberikan acuan soal high order thinking skill geografi materi hidrosfer. 

Soal hots geografi ketika ini banyak diujikan di UN sehingga siswa mesti mampu menaklukannya. 

1. Salah satu penyebab dari pencemaran di lautan ialah adanya tumpahan minyak. Sebagian besar pencemaran maritim ini disebabkan lantaran adanya goresan kapal tanker. Tumpahan minyak di maritim akan berdampak jelek bagi ekosistem laut. Langkah penanggulangan yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini ialah ....

A. menghentikan pengangkutan minyak dengan memakai kapal tanker
B. menangkal proses pemecahan hidrokarbon yang terjadi secara alami
C. memindahkan semua biota maritim yang ada di perairan tersebut dengan segera
D. melokalisasi tumpahan minyak dengan pelampung lalu memindahkannya ke tangki
E. melaksanakan in situ burning terhadap tumpahan minyak
 kali ini saya akan coba lagi memberikan contoh soal high order thinking skill geografi ma Soal High Order Thinking Skill Geografi Hidrosfer
Tumpahan minyak mencemari lautan
Jawaban yang paling tepat ialah D.
Dalam perkara diatas maka konsep yang wajib kau pahami niscaya ialah ihwal massa jenis air dan minyak yang bertentangan. Minyak jikalau tumpah maka akan mengambang di air bukan?. 

Nah cara terbaik untuk memindahkan minyak tersebut yakni dengan melokalisasi tumpahan minyak kemudian memindahkannya ke tempat lain. Bisa pakai tangki atau dengan balon yang diikat jaring. 

Kejadian tumpahan minyak sering terjadi di lautan lepas dan mampu diakibatkan tabrakan tanker minyak atau tanker yang mengalami kecelakaan akhir cuaca jelek. Minyak yang berada di lautan akan berbahaya bagi kelancaran habitat di perairan tersebut. 

Oleh sebab itu langkah utama yakni harus secepatnya mengangkat minyak dari perairan ke kawasan lain. 

Gambar: disini