Blogger Jateng

Soal Geografi High Order Thinking Materi Litosfer

Halo sahabat-sahabat sekalian, kali ini kita akan coba lagi mencar ilmu perihal soal hots geografi yang berbasis kurikulum 2013, pembelajaran era ke 21. 

Materi yang akan coba kita pelajari yaitu terkait dinamika litosfer terutama vulkanisme dan produknya. Langsung saja simak soal di bawah ini:

Baca juga: Bank soal UTBK dinamika pedosfer

1. Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di zona ring of fire. Dampaknya adalah banyak gunung api bangun di negara ini. 

Gunung api ini membentang dari ujung barat sampai timur dengan lebih dari 50 gunung api masuk penjabaran level A atau aktif dan dipantau terus kegiatannya. Diantara pulau berikut ini di Indonesia, manakah pulau yang tidak memiliki gunung api aktif?
A. Sumatera
B. Ternate
C. Sumba
D. Flores
E. Sumbawa

 kali ini kita akan coba lagi belajar tentang soal hots geografi yang berbasis kurikulum  Soal Geografi High Order Thinking Materi Litosfer
Pulau Sumba

Jawaban yang tepat ialah C.
Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng aktif ialah Eurasia, Indo Australia dan Pasifik. Pegunungan api banyak terbentuk di zona subduksi adalah selatan dan utara. Pulau yang memiliki gunung api adalah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sulawesi, Ternate dan Halmahera. 

Sementara pulau yang tidak mempunyai gunung api aktif salah satunya yakni pulau Sumba di nusa tenggara. Jadi kamu harus lihat lagi peta Indonesia dan cek setiap nama pulaunya. Makara tidak semua pulau punya gunung api mirip Kalimantan juga tidak memiliki gunung api aktif. 

Gunung api timbul bila magma mampu masuk menerobos lapisan kerak bumi dan timbul ke permukaan. Jika kerak bumi tebal dan tekanan magma tidak bisa menembusnya maka erupsi dan pembentukkan gunung api tidak terjadi. 

Baca juga: Kunci tanggapan UNBK Geografi 2018