Blogger Jateng

Pengertian Istilah Black Country di Inggris Abad Pertengahan

Pernahkah kau mendengar istilah "Black Country"?. Apa maksud ungkapan itu dan dimana sih asal mulanya?. 

Makara black country itu bekerjsama ialah sebuah ungkapan yang meningkat pada abad ke 19 pertengahan dimana dahulu ada sebuah tempat di Inggris yang banyak terdapat pabrik-pabrik peleburan logam yang banyak mengepulkan asap hitam. 

Catatan lainnya yakni di kawasan ini kaya akan endapan batubara setebal 30 kaki. Nah jadi perumpamaan black country ini ada kaitannya dengan pemaknaan suatu wilayah. Kita lihat sejarah black country berikut ini.

Para petani tradisional mendefiniskan black county untuk wilayah yang mempunyai tambang kerikil bara mirip Wes Bromwich, Oldbury, Blackheath, Cradley Heath, Old Hill, Bilston, Dudley, Tipton, Wednesfield dan Halesowen, Wednesbury dan Walsall, Stourbridge dan Smethwick.
Peta kawasan black country di Inggris
Sementara wilayah black country berdasarkan Elihu Burrit seorang konsulat Amerika yaitu kota Birmingham di tahun 1862. Penulis lainnya Charles Dickens dan William Shenstone merujuk pada intensitas pabrik manufaktur di daerah black country dan dampaknya pada laskap dan keadaan penduduk .

Saat ini black country menurut pemerintah yakni 4 kawasan metropolitan yakni Dudley, Sandwell, Walsall dan Wolverhampton. Istilah ini menjadi kemudahan promosi wilayah West Midlands hingga West Birmingham

Black Country memiliki banyak kaitan dengan bidang seni dan literasi. Penyair William Shenstone tinggal di Halesowen seperti penulis Francis Brett Young, yang merayakan industri hitam dan kota Birmingham di novelnya. Penyair Sir Henry Newbolt dilahirkan di Baldwin Street, Bradley. 

Lalu faktor apa bahu-membahu yang melandasi munculnya ungkapan "black country" tersebut?. Menurut banyak sekali literasi perumpamaan "black country region" ditujukan untuk kawasan yang memiliki keterdapatan batubara. 

Sejarawan berpendapat bahwa nama pewilayahan itu ada sebelum revolusi industri. Pertambangan batubara menawarkan bekas lubang hitam di permukaan bumi dan tanah-tanah disekitarnya menjadi hitam pekat pula. 

Makara ada dua perbedaan pendapat perihal asal mula ungkapan black country di Inggris, silahkan cari berita sejarah di web mancanegara untuk membandingkannya. 

Gambar: disini