Blogger Jateng

Latihan Soal HOTS Geografi Materi Kebudayaan Nasional

Halo sobat-sahabat sekalian, kali ini aku akan coba berikan pola latihan soal HOTS ihwal materi kebudayaan nasional. 

Ingat bahwa di UN tahun ini soal-soal lebih banyak didominasi akan bertipe HOTS. Artinya kau perlu latihan yang banyak untuk bisa melalui ujian ini. Materi kebudayaan yaitu bahan yang gres di kurikulum 2013 SMA.

1. Berikut ini contoh fenomena yang menawarkan kaitan antara keadaan geografis dengan pembentukkan kebudayaan Indonesia yakni ....
a. Rumah Suku Baduy dibangun menghadap arah tiba sinar matahari dalam rangka pengurangan energi.
b. Masyarakat suku Bajo banyak menentukan menjadi petani karena tanah leluhur mereka yang subur
c. Dominasi bahasa Jawa dalam pembentukkan bahasa Indonesia
d. Perubahan keadaan cuaca dipakai untuk penunjukdalam menentukan jenis flora yang ditanam di masyarakat Jawa
e. Rumah Honai dibentuk dua tingkat dan lantai bawah digunakan untuk sangkar ternak
 kali ini saya akan coba berikan contoh latihan soal HOTS tentang materi kebudayaan nasion Latihan Soal HOTS Geografi Materi Kebudayaan Nasional
Rumah Suku Baduy

Jawaban yang benar yaitu A. Mengapa jawabannya A?.
Untuk menjawab soal tersebut kau harus banyak baca wacana profil suku bangsa di Indonesia sebab keyword yang diminta ialah kaitan antara keadaan fisik kawasan dengan kehidupan masyarkat didalamnya. 

Kondisi fisik atau geografis tempat akan sungguh menghipnotis terhadap tatanan kehidupan suatu penduduk sehingga tercipta suatu kebudayaan yang khas. 

Suku Baduy yakni suku antik yang berdomisili di tempat Banten. Salah satu kearifan mereka yaitu dengan menciptakan rumah menghadap matahari jendelanya. Tujuannya yaitu supaya sinar matahari bisa masuk ke kawasan tinggal sehingga menjadi jelas. 

Hal ini juga akan menghemat penggunaan listrik atau alat penerangan lain. Kalau suku Bajo yaitu suku di kawasan perairan bukan pertanian, sementara rumah honai lantai dasarnya bukan untuk kandang ternak. 

Gambar: disini