Blogger Jateng

Kata Kunci Jawaban 10 Konsep Geografi Tipe HOTS

Halo sobat-sahabat, kali ini aku akan coba berikan cara mudah mengetahui bahan desain dasar geografi yang masuk dalam kategori soal HOTS. 

Konsep geografi berdasarkan Ikatan Geograf Indonesia ada 10. Materi ini diajarkan di kelas X jenjang Sekolah Menengan Atas dengan harapan siswa mampu mengerti perihal dasar-dasar wawasan geografi. 

Banyak sekali siswa yang kesulitan memahami materi rancangan geografi ini. Kali ini saya akan berikan cara cepat biar mampu mengenali desain geografi ini terutama ketika menjawab soal alasannya adalah tentu saja ada di soal UN.
Perlu dimengerti bahwa memang hal paling sulit yaitu dalam memperoleh keyword alias keyword yang bekerjasama dengan salah satu desain geografi tersebut. Untuk menguasainya tidak ada jalan lain selain banyak berlatih membuat kalimat yang menyatakan salah satu rancangan geografi kemudian menjawab teladan-pola soalnya.
 kali ini saya akan coba berikan cara mudah memahami materi konsep dasar geografi yang mas Kata Kunci Jawaban 10 Konsep Geografi Tipe HOTS
Kata kunci tentang rancangan geografi
1. Konsep Lokasi Lokasi dibagi dua yaitu lokasi diktatorial dan lokasi relatif. Kata kunci dari lokasi otoriter ialah adanya angka astronomis atau alamat terperinci. Sementara lokasi relatif yakni perbandingan kondisi disekelilingnya.
Contoh lokasi absolut: Indonesia ada di 6 LU - 11 LS. Contoh lokasi relatif : Indonesia ada diantara dua benua dan dua samudera.
2. Konsep Jarak Jarak dibagi dua yakni jarak diktatorial dan jarak relatif. Kata kunci jarak otoriter yakni satuan panjang sementara jarak relatif yaitu satuan waktu.
Contoh jarak sewenang-wenang: Saya pulang kampung menempuh jarak 45 km dari Bekasi ke Karawang. Contoh jarak relatif: Saya pergi dari rumah ke sekolah menempuh 20 menit perjalanan.
3. Konsep Keterjangkauan Keterjangkauan yakni keadaan mudah tidaknya sebuah lokasi diakses. Aksesibilitas ini dipengaruhi kondisi fisik dan akomodasi prasarana transportasi.
Contoh keterjangkauan : Bantuan logistik korban Gempa Palu belum tersalurkan optimal sebab beberapa jalan penghubung putus diterjang tsunami.
4. Konsep Pola Pola ialah susunan absurd suatu fenomena. Susunan dalam ruang ini meliputi objek yang relatif banyak.
Contoh contoh: Pemukiman di daerah Lembah Baliem condong memusat.
5. Konsep Morfologi Morfologi yakni bentuk atau relief permukaan bumi. Keyword: dataran tinggi, dataran rendah, rawa, pegunungan, perbukitan dll. Selain itu kata kuncinya adalah ada angka ketinggian.
Contoh morfologi: Kota Bandung berada pada ketinggian 600 mdpl.
6. Nilai Guna Nilai guna dalam hal ini ialah sebuah lokasi. Kata kuncinya ada faedah dari lokasi tersebut.
Contoh nilai guna: Pulau Bali kaya akan budaya dan fenomena alam indah sehingga menjadi daya tarik rekreasi dunia.
7. Interaksi Interaksi adalah kekerabatan timbal balik antar kawasan. Kata kuncinya ialah arus barang dan jasa antara dua kawasan.
Contoh interaksi wilayah: Indonesia mengekspor batubara ke Jepang dan mengimpor barang elektronika dari sana.
8. Aglomerasi Aglomerasi yakni gejalan pemusatan kegiatan ekonomi dalam satu ruang. 
Contoh aglomerasi : Industri berat banyak dibangun di daerah Karawang dan Bekasi.
9. Diferensiasi Area Diferensiasi yaitu perbedaan daerah di permukaan bumi. Kata kuncinya dalam kalimat ada 2 kondisi kawasan dibedakan.
Contoh diferensiasi : Sayuran cocok tumbuh di daerah dataran tinggi sementara palawija cocok meningkat di dataran rendah.
10. Asosiasi Asosiasi adalah keterkaitan logis antar bagian pembentuk ruang. 
Contoh perkumpulan : Indonesia berada di kawasan cincin api Pasifik sehinga banyak timbul gunung api aktif. (kata kunci : cincin api asosiasi dengan gunung api). Wilayah kabupaten banjarnegara berada di daerah dataran tinggi sehingga lebih banyak didominasi orangnya yaitu petani sayuran. (keyword : daerah dataran tinggi asosiasi dengan mata pencaharian petani sayuran)

Ingat soal rancangan geografi niscaya timbul di UN dan USBN, tentukan kau sering berlatih. Jangan lupa like dan share artikelnya ke sobat-sahabat lain ya.