Blogger Jateng

Hot Banget....Soal Geografi High Order Thinking K13

Selamat malam teman-sahabat, kali ini kita coba lagi bahas perihal soal hots geografi tentang bahan dinamika litosfer. 

Litosfer ialah lapisan bumi yang berisikan batuan dan merupakan tempat mahluk hidup berkembang dan meningkat . Litosfer tercipta alasannya adalah acara vulkanisme yang memungkinkan magma naik ke permukaan bumi lalu membeku dan terciptalah kerak bumi.

1. Gunung Tambora berlokasi di Sumbawa Indonesia. Gunung ini pernah meletus di tahun 1815 dengan ledakan sungguh besar setara dengan ledakan ratusan ribu bom atom. 

Dampak letusan Tambora periode itu membuat 71.00 penduduk mati. Selain itu letusan gunung api ini juga menciptakan suhu permukaan bumi menurun secara global alasannya debu letusan yang masif dan tinggi ke atas atmosfer. Letusan Tambora pada masa itu termasuk tipe ....
A. Peret
B. Hawaii
C. Merapi
D. Stromboli
E. St. Vincent
 kali ini kita coba lagi bahas tentang soal hots geografi tentang materi dinamika litosfer Hot Banget....Soal Geografi High Order Thinking K13
Kaldera Tambora di Nusa Tenggara
Jawaban yang paling tepat adalah A.
Letusan tipe Peret atau Plinian yakni tipe letusan raksasa yang berasal dari dapur magma yang besar ditambah gas yang masif. Tekanan gas yang tinggi menciptakan letusan bertekanan tinggi sehingga melontarkan partikel gas dan awan vulkanik raksasa sampai 40 km ke angkasa. 

Karena volume gas dan bubuk yang banyak menciptakan atmosfer diselimuti material piroklastik sehingga membatasi sinar matahari tembus. 

Dampaknya yaitu terjadi penurunan suhu di permukaan bumi sehingga mengganti iklim mikro bumi. Letusan Tambora 1815 menghancurkan badan gunung api sehingga sekarang cuma tinggal tersisa kaldera raksasa hasil erupsi besar tadi. 

Sisa-sisa endapan letusan Tambora 1815 masih bisa didapatkan di beberapa lokasi di Nusa Tenggara.  

Setelah letusan Tambora, ribuan orang meninggal alasannya adalah kelaparan dan mungkin 90.000 orang kehilangan nyawa. Di cuilan bumi utara diketahui perumpamaan isu terkini panas yang dingin pada 1816 dan terjadi topan salju di Bulan Juni dan tumbuhan mati oleh salju di Juli dan Agustus. Gambar: disini