Blogger Jateng

Dampak Gejala Hidrosfer Terhadap Kehidupan

Air yakni sumber utama kehidupan di planet bumi dan tanpa zat tersebut maka sudah niscaya tidak akan didapatkan yang namanya kehidupan, betul tidak?. 

Sebaran air di permukaan bumi ini bermacam-macam, ada yang di  sungai, danau, telaga, mata air, rawa, bahari, sampai di antartika dan puncak pegunungan. 

Kehidupan manusia sungguh dipengaruhi keadaan air, bahkan sejak dahulu manusia selalu membangun pemukiman akrab sumber air. Hidrosfer ialah anugerah Tuhan bagi planet bumi.
Di kawasan pedesaan bahkan di perkotaan, banyak penduduk yang mempergunakan air sungai meskipun well orang kota sekarang telah tidak acuh terhadap kelestarian air sungai. Berikut ini beberapa manfaat air sungai bagi kehidupan:
1. Sebagai sumber pengairan atau irigasi pertanian. 2. Tempat budidaya ikan untuk keperluan pangan. 3. Sumber air rumah tangga dan MCK. 4. Sarana angkutanbaik insan maupun barang dan jasa. 5. Sebagai kawasan wisata dan olahraga seperti arum air terjun.
Lalu bagaimana dengan pemanfaatan danau?. Danau selaku penampung air juga banyak mempunyai faedah bagi kehidupan diantaranya:
1. Irigasi pertanian. 2. Perikanan darat, kawasan berkembangbiak ikan keramba. 3. Pembangkit Listrik 4. Sarana rekreasi keluarga 5. Sumber air penduduk saat animo kemarau
Begitu pentingnya danau bagi kehidupan maka kita harus menjaga dan melestarikan keberadaan danau. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kelestarian danau yaitu:
1. Menjaga kelestarian DAS hulu 2. Membuat sabuk hijau di sekeliling tepi danau 3. Melakukan konservasi tanah 4. Melarang pembuangan sampah ke danau
Air adalah sumber utama kehidupan di planet bumi dan tanpa zat tersebut maka sudah pasti t Dampak Gejala Hidrosfer Terhadap Kehidupan
Waduk Jatigede
Lalu bagaimana dengan air telaga?. Telaga sungguh berguna bagi kehidupan insan. Pemanfaatan telaga diantaranya:
1. Sumber air bersih 2. Sumber perikanan darat 3. Tempat wisata, pemancingan, rumah makan
Cara melestarikan telaga antara lain: 1. Konservasi tanah di sekitar telaga 2. Membuat sabuk hijau disekitar telaga 3. Tidak mencampakkan sampah ke telaga
Lalu seperti apa pemanfaatan sumber daya air tanah bagi kehidupan?. Air tanah masuk lewat proses infiltrasi kemudian mengisi sela-sela pori batuan di bawah tanah. Manfaat air tanah yaitu:
1. Sumber air rumah tangga mirip minum, mengolah makanan, mencuci. 2. Sumber air untuk irigasi. 3. Sumber air untuk perindustrian.
Gambar: disini