Blogger Jateng

Contoh Latihan Soal HOTS Geografi UN Dinamika Atmosfer

Langsung saja teman-sahabat, kali ini saya akan berikan contoh soal UN Geografi tipe HOTS yang terkait materi dinamika atmosfer. 

Materi dinamika atmosfer ini meliputi banyak sekali macam sub seperti lapisan atmosfer, cuaca iklim, per-awanan, pembagian terstruktur mengenai iklim, hingga anomali cuaca iklim. 

1. Munculnya fenomena El Nino menimbulkan periode demam isu hujan tahun 2015 di Indonesia mengalami kemunduran. Kondisi tersebut mendorong terjadinya peristiwa kekeringan di beberapa daerah Indonesia. Tindakan preventif yang dijalankan untuk menghemat imbas El Nino yaitu dengan membuat waduk atau embung sesuai dengan kondisi lingkungan. Tindakan tersebut dinilai sempurna alasannya adalah ....
a. Waduk atau embung berfungsi untuk kawasan rekreasi masyarakatindonesia ketika el nino terjadi.
b. Ketinggian air yang terdapat di waduk atau embung mampu berfungsi selaku indikator terjadinya el nino
c. Waduk atau embung berfungsi menampung air sehingga dikala el nino maka persediaan air masih ada.
d. Waduk atau embung berfungsi memuat air sehingga saat terjadinya la nina bisa berfungsi membatasi kekeringan
e. Ketinggian air di waduk sungguh anggun untuk menangkal pengikisan atau abrasi ketika el nino
kali ini saya akan berikan contoh soal UN Geografi tipe HOTS yang terkait materi dinamika  Contoh Latihan Soal HOTS Geografi UN Dinamika Atmosfer
Embung Nglanggeran di Gunung Kidul

Jawaban yang paling sempurna yaitu C. Berikut penjelasannya.
El Nino dan La Nina yaitu sebuah gejala anomali cuaca yang biasa terjadi dalam siklus 5-7 tahunan. El Nino ialah tanda-tanda menghangatnya perairan Pasifik bagian tengah dan timur sehingga penguapan dan pembentukkan awan hujan sungguh tinggi disana. Dampaknya yakni bagi kawasan Indonesia akan terjadi penurunan intensitas curah hujan.

Untuk menangani hal tersebut maka langkah preventif yang mampu dikerjakan niscaya yakni membangun waduk/embung/dam yang berfungsi untuk memuat air ketika demam isu hujan datang. 

Diharapkan dikala animo kemarau atau ketika el nino terjadi maka persediaan air masih ada di waduk untuk menyanggupi kebutuhan di ketika demam info kemarau. Jangan langkah preventif yaitu langkah antisipasi.

Gambar: disini