Blogger Jateng

Sejarah Munculnya Kepulauan Indonesia

Kepulauan Indonesia membentang di khatulistiwa dari timur ke barat dan utara ke selatan. 

Lalu bagaimana pundak-membahu sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia itu?. Kepulauan Indonesia berdasarkan catatan ahli geologi terbentuk di wilayah cincin api sehingga membentuk busur kepulauan vulkanik. 

Semakin dalam maka tekanan dan suhu makin tinggi. Pada suhu tinggi ini material-material akan meleleh sehingga material di penggalan dalam bumi selalu dalam bentuk pijar.
Kondisi  alam  Indonesia  ketika  ini  sangatlah  berbeda  dengan  keadaan  pada  kurun  ribuan tahun yang  kemudian.  Kondisi  alam  yang  stabil  di  Indonesia,  kecuali  Indonesia  pecahan  timur,  gres terjadi ketika memasuki kurun Pleistosen saat berlangsungnya zaman es atau yang diketahui   glasial.  

Zaman  es  (glasial)  adalah  zaman  saat  es  di  kutub  sering  meluas  yang menjadikan daratan di Bumi meraih wilayah yang paling luas. Glasial terjadi alasannya adanya suhu Bumi yang tidak tetap. Gambar: disini  
Indonesia periode lalu sebelum terpisah laut
Suhu yang turun secara tiba-tiba  menjinjing   final  permukaan  es  meluas  sehingga  penggalan  barat  Indonesia  menyatu dengan Asia, sedangkan Indonesia bagian timur menyatu dengan Australia. 

Akan tetapi, kalau  suhu  naik,  es  akan  mencair  yang  menyebabkan  daratan  penghubung  tenggelam dan terbentuk Paparan Sahul dan Paparan Sunda. 

Perubahan geografis inilah yang mampu memengaruhi kemajuan flora dan fauna di Indonesia. Gerakan pengangkatan, kegiatan gunung berapi, dan turunnya permukaan air maritim pada  kala  glasial  menimbulkan  pergeseran  bentuk  Kepulauan  Indonesia. 
Kepulauan Indonesia terletak di tempat tropis yang menimbulkan Indonesia mengalami dua demam isu, yakni  animo  hujan  dan  demam gosip  kemarau.  Musim  hujan  pertama  pada  kurun  Pleistosen berlangsung  dan  diikuti  dengan  terbentuknya  hutan  di  kawasan  Semenanjung  Malaya, Kalimantan,  Philipina,  dan  Sulawesi  Utara.  

Berdasarkan  geologi  (ilmu  yang  mempelajari Bumi),  sejarah  permulaan  pembentukan  Bumi  dibedakan  atas  empat  masa,  adalah  selaku berikut. 
Kepulauan Indonesia membentang di khatulistiwa dari timur ke barat dan utara ke selatan Sejarah Munculnya Kepulauan Indonesia
Pembabakan geologi bumi