Blogger Jateng

Pengertian Kondisi Geografis Permukaan Bumi

Geografi tentu saja akan banyak mempelajarai kondisik geografis permukaan bumi. Kondisi geografis yaitu sebuah kondisi permukaan bumi pada sebuah kawasan tertentu. 

Permukaan bumi ini memiliki banyak sekali macam kondisi geografis yang dipengaruhi oleh faktor endogen dan eksogen yang melakukan pekerjaan . 

Berikut ini beberapa keadaan geografis yang biasa dijumpai di sebuah kawasan. Kamu mesti bisa mengetahui perbedaannya. Baca juga: Soal AKM Geografi + Kunci

1. Gunung Api Gunung atau volcano ialah bentukkan permukaan bumi yang mencoloktinggi berupa kerucut dan lazimnya mempunyai kawah atau kaldera. Gunung api dihasilkan dari penerobosan magma yang keluar melalui erupsi. Gunung api banyak timbul di zona subduksi lempeng mirip Indonesia.
2. Pegunungan Pegunungan atau mountain yakni daerah yang terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung yang membentuk sebuah rangkaian. Pegunungan ini muncul karena adanya proses lipatan dan patahan akibat tumbukkan antara lempeng benua atau obduksi. 
3. Bukit Bukit atau perbukitan yakni suatu kawasan dengan ketinggian antara 200-300 m yang memanjang dan lebih rendah dari pegunungan.
4. Dataran Tinggi/Plato Plato ialah tanah datar dengan ketinggian lebih dari 400 m diatas permukaan bahari. 
5. Dataran Rendah Dataran rendah yaitu permukaan bumi yang memiliki ketinggian 0-200 m dan condong datar atau tidak bergelombang.
6. Lembah Lembah yakni permukaan bumi yang cekung dan dibatas oleh perbukitan atau pegunungan di kanan kirinya.
7. Depresi Depresi adalah sebuah kawasan yang permukaannya lebih rendah dari permukaan maritim.
Coba kita analisa kondisi geografis pulau Jawa dengan menyaksikan peta di bawah ini. Gambar: disini
Geografi pastinya akan banyak mempelajarai kondisik geografis permukaan bumi Pengertian Kondisi Geografis Permukaan Bumi
Kondisi geografis pulau Jawa
Dari peta diatas dapat dilihat banyak sekali macam kenampakan yang divisualisasikan dengan beberapa simbol. 

Warna hijau di peta pertanda dataran rendah, warna kuning di peta menggambarkan perbukitan, warna oranye menerangkan pegunungan. Dari peta geografi Jawa dapat dilihat bahwa secara umum kondisi geografis pulau Jawa yakni selaku berikut:  a. Dataran rendah berada di serpihan utara sepanjang pantai utara. b. Dataran tinggi terdapat di serpihan tengah pulau. c. Wilayah selatan merupakan kawasan pantai terjal d. Gunung api banyak didapatkan di daerah tengah seperti: - Jawa Barat : Gunung Gede, Tangkubanperahu, Ciremai, Galunggung, Papandayan - Jawa Tengah: Gunung Slamet, Merapi, Merbabu, Dieng - Jawa Timur : Gunugn Bromo, Semeru, Ijen, Kelud

Baca juga: Konsep geografi dan misalnya