Blogger Jateng

Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi Kelas 10 Bab 1 Buku Grafindo

Oke teman-sahabat kali ini aku akan memperlihatkan teladan kunci tanggapan uji kompetensi bab 1 Geografi Buku Grafindo. 

Kalau yang kurang sempurna mohon dikoreksi sambil belajar saja, gak usah hate speech asalkan. 

Tapi sebelumnya saya akan berikan sedikit ikhtisar bahan tentang bab 1 ialah Konsep Dasar Geografi. 

Untuk mengerti gejala geosfer maka seorang geograf wajib mengerti desain-konsep dasar yang ada pada ilmu geografi. 
Konsep dasar geografi berisikan desain, prinsip, pendekatan dan aspek geografi. Konsep geografi menurut IGI terdiri dari 10 adalah lokasi, jarak, keterjangkauan, morfologi, contoh, interaksi, nilai guna, aglomerasi, diferensiasi dan asosiasi. 

Prinsip geografi terdiri dari penyebaran, interelasi, deskripsi dan korologi. Pendekatan geografi ada 3 yakni keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Sementara aspek geografi berisikan faktor fisik dan non fisik.
akan memberikan contoh kunci jawaban uji kompetensi bab  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi Kelas 10 Bab 1 Buku Grafindo
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi
BAGIAN A 1.D 2.B 3.A 4.B 5.C 6.A 7.C 8.E 9.E 10.B 11.B 12.D 13.D 14.D 15.B 16.C 17.B 18.D 19.A 20.D
BAGIAN B 1. Fisis determinis ialah paham yang menyatakan bahwa kehidupan manusia sepenuhnya dikendalikan alam. Possibilis adalah paham yang menyatakan manusia bisa mengatur alam.
2.  What = Longsor Where = Di Kabupaten Ponorogo When = Tahun 2017 Why = Karena demam isu penghujan dan kawasan lereng yang dijadikan lahan pertanian Who = Penyebabnya dipicu masyarakatyang membuka lahan pertanian di bukit yang miring How = Kronologi longsor dimulai dari hujan deras selama 6 jam yang melanda Ponorogo. Setelah itu pada jam 5 pagi, pergerakan tanah mulai terjadi dan satu desa tersapu oleh longsor dalam waktu 15 menit saja. Sekitar 300 rumah hancur dan lebih dari 50 orang meninggal dunia. Lebih dari 400 kepala keluar mengungsi di balai desa untuk menangkal longsor susulan terjadi.
3. Karena geografi ialah ilmu yang bersifat komperhensif dengan objek bahan yang luas ialah Geosfer. Untuk lebih jelas dalam menerangkan peristiwa suatu fenomena maka diharapkan ilmiu penunjang yang berhubungan.
4. Perdagangan ialah aktivitas melibatkan transfer barang/jasa. Kegiatan perdagangan bisa melibatkan beberapa daerah sehingga menciptakan acara yang kompleks. Saat ini kita bisa mendapatkan fenomena Asia Free Trade Associaton. AFTA ini menciptakan jual beli antar kawasan Asia semakin gampang dan transfer barang dan jasa antar negara menjadi lebih singkat.
5. Manfaat geografi sungguh banyak diantaranya: - mengasah kecerdasan spasial manusia - memajukan kepekaan kepada perubahan-pergeseran struktur ruang permukaan bumi - mengasah rasa peduli lingkungan
6. Jasa-jasa Herodotus diataranya: - membuat peta dunia hasil imajinasi dan perjalanannya di wilayah Laut Tengah. - Menguraikan definisi bumi serta mendeskrpsikan seluk beluk suatu tempat (topografi) dan penduduknya.
7. Geografi ialah penghargaan budayawi kepada bumi, rancangan regional, pertanian daerah, lokalisasi, interaksi keruangan, skala kawasan dan rancangan perihal pergeseran.
8. Konsep Geografi Henry J Warman: - Konsep kawasan = serpihan permukaan bumi yang memiliki karakteristik sendiri sehingga mampu dibedakan dengan daerah lain. - Konsep laba = manusia memanfaatkan alam sesuai dengan laba yang dihasilkannya. - Konsep bumi selaku bola = bumi merupakan salah satu planet di tata surya.
9. Aspek fisik yakni semua hal yang berafiliasi dengan fenomena alami seperti erupsi, tsunami, gempat tektonik. Aspek non fisik yakni semua hal yang berhubungan dengan aktifitas manusia mirip pertanian, perdagangan dan urbanisasi.
10. Kemelekan geografi artinya kesanggupan seseorang untuk mengidentifikasi dan mencari solusi segala persoalan yang ada di permukaan bumi. Kecerdasan spasial yakni kesanggupan seseorang untuk menggambarkan suatu kawasan dalam pikirannya baik yang menyangkut lokasi, posisi, jarak relatif maupun relasi antar daerah. Penggunaan media geografi, artinya kemampuan dalam menggunakan alat bantu geografi khususnya peta, PJ dan SIG. 

Baca: Kunci Evaluasi Erlangga Sejarah Indonesia Bab 1