Blogger Jateng

Kunci Jawaban Evaluasi Halaman 109 Buku Paket Geografi Erlangga Kelas 11

Oke sahabat-sahabat, kali ini aku akan menjajal memperlihatkan contoh kunci jawaban penilaian di salah satu buku paket geografi kelas 11 tentang materi biosfer.

Sebelumnya aku akan coba menawarkan sedikit ikhtisar materinya. Kunci balasan ini ialah model aku jadi bila ada kesalahan atau kurang tepat silahkan dikoreksi saja, no hate speech. Mari belajar bantu-membantu.
Biosfer yaitu sebuah metode kehidupan di bumi yang meliputi berbagai macam lapisan. Mahluk hidup di bumi ini memiliki toleransi terhadap suatu keadaan tertentu biar bisa hidup. 

Contoh manusia mampu hidup masuk akal di atas litosfer namun jikalau di udara mungkin sulit dan perlu adaptasi, terlebih di dalam tanah. Ada beberapa faktor sebaran tanaman fauna di bumi mulai dari geologi, iklim, tanah, tekanan populasi sampai insan.
Sejak dahulu telah banyak jago yang meneliti perihal keragaman hayati di dunia. Indonesia ialah kawasan yang didominasi bioma hutan hujan dan beberapa sabana kecil. Zonasi flora fauna Indonesia ada 3 yaitu barat, peralihan dan timur. 

Keberadaan tumbuhan fauna kini terancam oleh aktifitas manusia yang semakin dominan di permukaan bumi. Konservasi perlu dijalankan untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan fauna di dunia.
Bagian A Pilihan Ganda 1.C 2.E 3.A 4.D 5.D 6.E 7.A 8.B 9.E 10.A 11.B 12.A 13.D 14.E 15.B 16.E 17.C 18.B 19.D 20.B
Bagian II 1. bios dan sphere 2. atmosfer, litosfer dan hidrosfer 3. Bioma 4. Bersuhu tinggi atau beriklim tropis 5. Bakau 6. Biogeografi , biogeografer 7. Wallace 8. Hutan huan 9. Wilayah Barat, Peralihan dan Timur 10. Kelautan
Bagian III 1. Karakteristik dari bioma yaitu  - Pada suatu bioma ada sebuah komunitas titik puncak yaitu sebuah kehidupa yang telah meraih pertumbuhan maksimal sehingga tidak terjadi pergantian yang signifikan. - Ada vegetasi utama yang mendominasi di wilayah tersebut. - Komunitas selalu stabil sepanjang abad kecuali ada hal besar seperti bencana alam, wabah penyakit atau gangguan manusia. - Bioma terbentuk alasannya adanya kumpulan ekosistem yang berlainan pada sebuah iklim atau daerah geografis. - Memiliki kawasan yang luas. - Setiap bioma dicirikan dengan bentuk kehidupan flora fauna yang berlawanan.
2. Faktor sebaran tumbuhan dan fauna a. Geologi Geologi berkaitan dengan pergerakan lempeng tektonik. Contohnya dahulu daerah daratan penggalan barat Indonesia bersatu dengan Asia dan Papua bersatu dengan Australia. Hal ini membuat tumbuhan fauna tersebar alasannya mampu bermigrasi. Kemudian saat zaman es mencair di Pleistosen final, daratan ini terpisah oleh maritim dan hewan tidak mampu lagi melintasi kawasan tersebut. b. Iklim Kondisi cuaca iklim mempengaruhi terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan. Ada flora yang tepat di daerah berair dan ada pula di daerah kering. Contohnya kaktus cocok meningkat berkembang di cuaca panas dan kering sementara pohon pinus cocok meningkat di daerah yang lembab dan basah. Hewan-hewan juga bisa bermigrasi karena kondisi cuaca yang buruk seperti hilangnya oase di Afrika sehingga kawanan zebra migrasi ke daerah yang ada hujan. c. Tanah Tanah menghipnotis kepada jenis tanaman dan hewan yang hidup. Padi cocok hidup di tanah yang gembur dan basah, sementara edelwis cocok di tanah lembab, hambar mirip pegunungan. Di tanah es mirip kutub, binatang-binatang akan berkulit tebal sementara di daerah panas tidak demikian. Faktor lainnya ialah insan yang bisa menjinjing bibit tumbuhan dan hewan ke banyak sekali kawasan.
3. Hutan hujan  di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Hutan demam isu di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Nusa Tenggara. Hutan pegunungan di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Hutan Sabana di Papua, NTT dan Maluku. Hutan rawa di pantai timur Sumatera, Kalimantan, Papua dan Jawa. Hutan pasnag surut di Sumatera, Kalimantan, Maluku, Bali, Jawa dan Papua. Hutan gambut di Kalimantan barat dan kalimantan tengah.
4. Sebaran tumbuhan dan fauna versi Wallace di dunia. 1. Paleartik, 2. Oriental, 3. Etiopian, 4. Australis, 5. Neartik, 6. Neotropik
5. Taman Nasional Ujung Kulon di Banten untuk konservasi rino bercula satu. Taman Nasional Komodo di NTT untuk konservasi Komodo. Taman Nasional Way Kambas di Lampung untuk konservasi gajah Sumatera.