Blogger Jateng

Download KI dan KD Semua Mapel Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 ialah pengembangan dari kurikulum sebelumnya alias KTSP. Dalam K13 ini ada beberapa pergeseran diantaranya datangnya ungkapan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). 

Kompetensi inti secara sederhana adalah puncak utama hasil belajar yang wajib siswa  lakukan. Kompetensi inti adalah terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk mutu yang dimiliki peserta asuh yang sudah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu. 
Gambaran perihal kompetensi utama dikelompokkan ke dalam aspek perilaku pengetahuan dan kesanggupan. Kompetensi inti harus menggambarkan mutu yang sepadan antara hard skill dan soft skill. 

Hard skill yaitu kemampuan yang berkaitan dengan kognitif sementara softskill ialah kesanggupan intrapersonal dan interpersonal.
Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mapel untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kaprikornus kompetensi dasar itu secara sederhana ialah kesanggupan paling dasar yang paling wajib dikuasai siswa. 

Contoh gini nih, jikalau seseorang diminta untuk menguasai cara mengolah makanan sayur sop, maka kompetensi dasarnya bisa saja adalah "siswa bisa memasang tabung elpiji ke kompor benar". Artinya hal paling dasar sebelum mengolah masakan sop adalah harus mampu memasang gas ke kompor dulu. Nah tahapan-tahapannya ada di indikator nanti.
 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya alias KTSP Download KI dan KD Semua Mapel Kurikulum 2013
Pengertian KI dan KD mapel
Kompetensi Dasar ialah konten atau kompetensi yang terdiri atas aspek sikap, wawasan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta ajar. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan meperhatikan karakteristik peserta didik, kesanggupan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. 

Dari KD ini lah guru nantinya menciptakan indikator-indikator pembelajaran. Makara penting bagi guru untuk menguasai KD setiap mapelnya sebelum menyusun indikatornya. Berikut ini KI dan KD semua mapel di kurikulum 2013 SMA yang mampu didownload gratis. Klik link di bawah ini dan jangan lupa share ke yang lain.
KI dan KD SEMUA MAPEL KURIKULUM 2013