Blogger Jateng

Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan)

Manusia mengalami tahapan-tahapan kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif sampai yang paling modern. 

Salah satu kurun yang dialami kehidupan insan yaitu masa perundagian. Di kala  perundagian ini manusia tidak hanya mengenal perlengkapan kerja mirip kapak dan beliung namun telah mulai menciptakan peralatan-peralatan pemanis kehidupan. 

Manusia di kala perundagian telah mengenal perunggu dan besi. Contoh peninggalan peralatan hidup kurun perundagian diantaranya:
1. Jenis-jenis peralatan dari besi yakni beliung, mata pisau, mata tombak dan sabit. 2. Gerabah, ialah alat yang dibentuk dari tanah liat yang masih sederhana. 3. Pakaian Di Kalimantan, Sulawesi dan beberapa lokasi lain pernah didapatkan alat pemukul kulit kayu. Kulit kayu biasa digunakan selaku bahan busana. Ditemukannya alat pemukul kulit kayu ini menerangkan bahwa insan pada kala itu sudah mengenal busana. Bahkan kain tenun sederhana pun telah diketahui . 4. Perhiasan Barang suplemen di zaman purba banyak yang berbentukgelang dan kalung yang terbuat dari batu indah dan kerang. Perhiasan kalung biasanya dibentuk dari watu akik atau watu yang dicat. Bahkan dalam kemajuan zaman perunggu, diketahui barang-barang pemanis misalnya gelang, cincin, kalung, anting dari perunggu.
 kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif sampai yang paling modern Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan)
Hasil kebudayaan kala perudagian
 5. Nekara Nekara yaitu semacam tambur yang berupa dandang terbalik. Dalam kehidupan insan purba, nekara dijadikan alat pusaka. Benda ini dianggap suci dan dipuja. Fungsi nekara untuk mengiringi upacara-upacara penyembahan. Di Pulau Alor ditemukan nekara berukuran kecil dan diketahui dengan nama moko. Di daerah Bali terdapat nekara yang berskala sangat besar dan masih utuh dengan tinggi hingga 1,98 m dan diameter 1,6 m. Nekara ini dianggap suci dan berasal dari bulan. Nekara ini sekarang disimpan di Pura Pantaran Sasih. 6.  Kapak Perunggu Kapak perunggu biasa disebut kapak sepatu karena kepingan atasnya berbentuk corong dengan bibir terbelah dua. Pada corong itu dimasukan tangkai kapak. Karena itulah kapak ini disebut kapak corong. 7. Patung perunggu Patung perunggu banyak macamnya dan ada yang dibuat seperti orang sedang menari, bangun, naik kuda atau memegang panah. Arca berupa insan dan binatang banyak didapatkan di Indonesia. 8. Bejana perunggu Bejana perunggu umumnya punya bentuk bundar dan menyerupai kawasan membawa ikan yang diikatkan di pinggang. Bejana periode perundagian terbuat dari dua bab lempengan perunggu berbentuk cembung yang dilekatkan pada pacuk besi di sisinya. Bejana perunggu banyak ditemukan di Madura dan Sumatera.