Blogger Jateng

Pengertian, Contoh Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019

Kalender pendidikan ialah sebuah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran akseptor bimbing selama satu tahun pemikiran yang mencakup awal tahun latih, ahad efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. 

Setiap guru pasti akan memerlukan kalender akademik untuk menyusun kegiatan pembelajaran dan aktivitas sekolah lainnya.

Kalender akademik memuat hal-hal berikut:
1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya aktivitas pembelajaran pada awal tahun pedoman pada setiap satuan pendidikan.
2. Minggu efektif berguru yaitu jumlah minggu kesibukan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada satuan pendidikan.
3. Waktu pembelajaran efektif yaitu jumlah jam pembelajaran setiap ahad mencakup jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mapel termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk aktivitas pengembangan diri.
4. Waktu libur yaitu waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan acara pembelajaran terencana pada satuan pendidikan yang dimaksud.
Kalender pendidikan merupakan sebuah pengaturan waktu Pengertian, Contoh Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019
Contoh Kalender Akademik

Nah, jadi Kalender Akademik punya peranan penting utamanya dikala guru akan menyusun Program Tahunan dan Program Semester. Kalender pendidikan ini umumakan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama Propinsi. 

Bagi sekolah yang akan menyusun Kalender Akademik 2018/2019 maka yang perlu diamati ialah:
1. Jadwal libur nasional dan cuti bareng
2. Jadwal penerimaan peserta ajar baru dan kala pengenalan akseptor ajar
3. Jadwal aktivitas penilaian tengah semester, selesai semester dan prakiraan UN
4. Jadwal libur semester 1, semester 2 dan jadwal Ramadhan dan Idul Fitri

Berikut ini teladan Kalender Pendidikan Jawa Barat 2018/2019 yang saya dapatkan dari salah satu sahabat aku. Silahkan cek di link bawah. Jangan lupa share ya!.
LINK DOWNLOAD KALENDER AKADEMIK 2018/2019