Blogger Jateng

Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia

Oke teman-sobat kali ini aku akan coba berikan kunci balasan Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia. 

Saya akan coba berikan kunci balasan untuk Bagian I PG dan Esay Bagian II dan III. Kalau ada yang kurang sempurna mohon didiskusikan saja di komentar ya, kita belajar sama-sama.
 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia
Kunci jawaban Evaluasi Geografi Erlangga
PG.
1.C 2.B 3.D 4.C 5.A 6.C 7.D 8.E 9.C 10.A 11.C 12.E 13.B 14.B 15.A 16.C 17.E 18.C 19.A 20.E

Essay
Bagian II
1. Asia dan Australia
2. 200 mil dari pantai terluar
3. Djuanda
4. Mediterania dan Pasifik
5. Hindia dan Pasifik
6. Landas Kontinen
7. Sunda dan Sahul
8. Sumber makanan dan rumah bagi biota-biota bahari dangkal
9. Chokes poin
10. Keberlanjutan Hayati (Perkembangbiakan)

Bagian III
1. Indonesia secara astronomis terletak diantara 6 LU dan 11 LS dan 95 BT dan 141 BT. Secara geografis Indonesia ada diantara dua benua adalah Asia dan Australia dan dua samudera yakni Pasifik dan Hindia. Secara geologis Indonesia ada di 3 konferensi lempeng aktif yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia.

Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan 75% nya yakni kawasan perairan. NKRI Berbatasan dengan negara berikut:
- Utara = Malaysia, Filipina, Palau, Vietnam
- Timur = Papua Nugini, Timor Leste
- Selatan =  Australia
- Barat = Malaysia, Singapura, Thailand

2. Wilayah daratan Indonesia yaitu kepulauan dan beraneka ragam dari segi topografi. Kondisi topografi Indonesia yang bermacam-macam mempunyai imbas pada kondisi iklim dan kehidupan masyarakatnya. Indonesia dilalui dua busur pegunungan aktif yaitu Mediterania dan Pasifik.

Perairan Indonesia dibagi menjadi perairan darat dan bahari. Perairan darat berisikan sungai, danau dan air tanah. Sungai terpanjang di Indonesia yakni Kapuas dan danau paling luas adalah Danau Toba.

 Perairan bahari Indonesia terdiri dari bahari dangkal dan dalam. Perairan maritim dangkal terdiri dari Paparan Sahul dan Paparan Sunda, sementara maritim dalam diantaranya Laut Banda. 

3. Indonesia sejak jaman dulu populer sebagai bangsa laut yakni pada masa Majapahit dan Sriwijaya. Majapahit dan Sriwijaya pernah melakukan ekspansi hingga Thailand dan Cina. 

Indonesia populer sebagai jalur masuk perdagangan dunia sejak dulu. Kejayaan jual beli nusantara meredup saat VOC menguasai Indonesia.

Kini Indonesia kembali menggagas TOL LAUT di masa Jokowi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia selaku negara bahari. Pelabuhan-pelabuhan mulai dibangun dan direvitalisasi di banyak sekali daerah. 

4. Potensi kelautan Indonesia sangat banyak baik dari segi hayati dan non hayati. Beberapa kesempatanyang mampu dioptimalkan laut Indonesia yaitu untuk:
1. Perikanan 
2. Migas
3. Transporasi
4. Wisata
5. Energi alternatif

5.Posisi strategis Indonesia selaku poros laut dunia yakni inspirasi strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antara pulau, pengembangan industri perkapalan, perikanan, perbaikan transportasi maritim serta fokus pada keamanan bahari.