Blogger Jateng

Download Prota, Prosem Geografi SMA Kurikulum 2013 Otomatis

Halo sahabat-sobat, kali ini aku akan coba bagikan teladan acara tahunan dan acara semester mapel geografi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013. 

Prota dan prosem merupakan dua instrumen yang wajib ada di buku guru. 

1. Program Tahunan
Di awal tahun ajaran baru nih, guru wajib terlebih dahulu menelaah Permendikbud No 24 Tahun 2016 perihal Kompetensi Dasar mapel dan menyusun kalender akademik. Setelah itu lanjut untuk menyusun Prota dan Prosem. 

Prota ialah planning penetapan alokasi waktu satu tahun pelajaran untuk mencapi sebuah Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar yang ada  di dalam Kurikulum. Makara di dalam prota jumlah jam tatap wajah dalam satu tahun akan tampakdengan pasti.

Langkah-Langkah Penyusunan Prota
1. Menelaah kalender akademik propinsi
2. Menelaah jumlah kompetensi dasar mapel bersangkutan
3. Menandai hari-hari libur, permulaan mula masuk tahun latih dan minggu efektif
4. Menghitung jumlah minggu efektif belajar dalam satu tahun (lazimnya beda-beda tiap sekolah alasannya diadaptasi dengan kegiatan masing-masing)
5. Mendistribusikan alokasi waktu ahad berguru efektif ke dalam KD dan Materi Belajar

2. Program Semester
Program semester adalah pembagian terstruktur mengenai dari Prota sehingga acara tersebut tidak mampu disusun sebelum adanya Prota. Promes berisi garis besar acara yang mau dijalankan pada semester itu. 

Jadi Promes akan memberikan lebih rincian rencana waktu pembelajaran KD atau materi tertentu dari permulaan semester sampai selesai semester. 

Program semester ialah pembagian terstruktur mengenai dari acara tahunan sesudah menganalisis jumlah ahad efektif, jumlah KD, tingkat kedalaman dan kesulitan tiap KD, ketersediaan fasilitas prasarana sehingga dapat menentukan alokasi waktu untuk setiap KD.

Di bawah ini yakni teladan format Prota dan Prosem Geografi Sekolah Menengan Atas Kelas 10, 11 Kurikulum 2013 yang saya buat.

Link Download Prota Prosem Kelas X
Link Download Prota Prosem Kelas XI