Blogger Jateng

Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi

Hai sobat-sobat sekalian kali ini saya kan diskusikan lagi mengenai simbol peta. Setiap peta niscaya dibentuk dengan menyisipkan simbol-simbol peta di dalamnya. 

Simbol peta adalah suatu gambar yang mewakili objek bantu-membantu di lapangan. Dengan begitu para pembaca peta akan mudah mengenali objek pada peta dengan menyaksikan simbol pada peta dan mencocokannya di legenda.

Ada beberapa macam simbol peta yang dipakai dalam pembuatan peta. Menurut bentuk atau dimensinya ada tiga kategori simbol peta yaitu simbol titik, simbol garis dan simbol area. Simbol ini biasa biasa ditemui pada peta yang diedarkan di pasaran.
teman sekalian kali ini saya kan bahas lagi mengenai simbol peta Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi
Simbol titik, garis dan area


1. Simbol Titik
Simbol titik ialah simbol yang biasa digunakan untuk mewakili sebuah lokasi atau kawasan. Bentuk simbol ini kadang titik, bulat, persegi panjang atau bentuk lain. 

Contoh penggunaan simbol titik adalah untuk gunung api, sekolah, kecamatan, pemukiman, ibukota negara, ibukota propinsi.

2. Simbol Garis
Simbol garis umumnya dipakai untuk menawarkan fenomena yang berupa garis seperti sugnai, jalna, rel kereta, batas propinsi, pipa PDAM, jaringan listrik dll. 

Pengembangan lain dari simbol garis adalah simbol pemikiran yang membuktikan adanya sebuah pergerakan. Contohnya dipakai untuk menawarkan arah migrasi, rute pesawat melayang, kapal bahari dan ekspor-impor.

3. Simbol Area
Simbol area berupa fitur poligon yang memberikan suatu fitur kenampakan yang luas dan memiliki batas. Contoh simbol area yaitu untuk danau, rawa, perkebunan, sawah, bak renang dll.

Selain simbol diatas, ada lagi tipe simbol pada peta adalah simbol piktorial. Simbol piktorial yakni simbol sederhana yang mudah diketahui dan biasa dipakai untuk anak-anak. 

Baca juga: Soal AKM Geografi Interpretasi Peta