Blogger Jateng

Soal Ulangan Sejarah Kelas 12 Bab Orde Baru di Indonesia

Bagi yang membutuhkan teladan soal ulangan sejarah kelas 12 bagian Orde Baru di Indonesia, aku bagikan di bawah ini. 

Sebelumnya saya akan berikan rangkuman materinya. Makara indikator ulangan sejarah yang dipakai kali ini yaitu:
1. Menjelaskan kronologi lahirnya orde gres kaitannya dengan pembangunan
2. Menjelaskan efek interaksi kawasan
3. Mengidentifikasi sentra kemajuan di Indonesia

Rangkuman Materi
Orde Baru adalah sebuah masa pemerintahan yang dimulai semenjak 20 Februari 1967. Saat itu Presiden Soekarno memindahkan kekuasaan pemerintahan kepada Soeharto. 

Ketidakstabilan politik dan Peristiwa G30 S/PKI membuat pemerintahan berantakan. Soekarno dinilai tidak tegas dalam menanggulangi peristiwa pemberontakan tersebut. 

Akhirnya Soekarno lengser dan digantikan oleh Jenderal Soeharto. Soeharto kemudian berkuasa sampai Reformasi tahun 1998.

Di era Soeharto, pembangunan mulai gencar dikerjakan di berbagai tempat. Munculah sentra-sentra pertumbuhan kawasan Indonesia era Repelita. Wilayah Pembangunan A berpusat di Medan, Wilayah Pembangunan B berpusat di Jakarta, Wilayah Pembangunan C berpusat di Surabaya dan Wilayah Pembangunan D berpusat di Makassar. 

Pusat-sentra perkembangan tersebut diperlukan bisa menyebabkan pertumbuhan bagi wilayah disekitarnya.

Pusat-sentra pertumbuhan ini membaut interaksi kawasan makin besar lengan berkuasa dan memunculkan pertumbuhan ekonomi di beberapa lokasi. Interaksi desa dan kota kian pesat dengan dibangunya fasilitas dan prasarana seperti jalan dan jembatan.

Menurut Harris Ullman, ada 3 faktor pembentuk interaksi daerah yaitu daerah saling melengkapi, adanya potensi intervensi dan adanya kemudahan transfer alam ruang. Interaksi desa dan kota menjadikan imbas faktual dan negatif bagi kedua lokasi tersebut.

Soal ulangan mampu didonwload pada link berikut ini.
Ulangan Harian Sejarah Bab Orde Baru di Indonesia from Agnas Setiawan