Blogger Jateng

Pengertian, Contoh dan Ciri Budaya Lokal

Indonesia ialah negara yang heterogen khususnya dalam sisi manusia. Heterogenitas insan ini membuat kebudayaan Indonesia beranekaragam dari Aceh sampai Papua. 

Untuk memperlihatkan citra yang utuh kepada budaya atau kebudayaan nasional, maka perlu memahami terlebih dahulu konsepsi tentang budaya. 

Secara Etimologi, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, adalah “buddayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata “buddi” yang artinya kecerdikan atau nalar. Dengan demikian budaya atau kebudayaan dapat diartikan selaku hal-hal yang berhubungan dengan kecerdikan dan nalar manusia.  

Budaya merupakan perkembangan beragam dari akal daya, yang memiliki arti daya dari kecerdikan. Budaya yaitu daya dari akal yang berupa cipta,  rasa, dan karsa. Adapun kebudayaan berdasarkan ilmu antropologi yakni keseluruhan metode gagasan, langkah-langkah dan tindakan hasil karya insan dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.  

Kebudayaan sangat akrab hubungannya dengan kehidupan suatu penduduk . Masyarakat yaitu orang-orang yang hidup dan beraktivitas bersama dan menghasilkan kebudayaan, sehingga tidak ada penduduk yang tidak menghasilkan kebudayaan. Demikian juga sebaliknya tidak ada kebudayaan tanpa penduduk selaku wadah dan pendukungnya. 


Budaya setempat adalah budaya yang hidup dan berkembang di daerah-kawasan dan merupakan milik suku-suku bangsa yang tinggal di seluruh wilayah Indonesia. Beragamnya budaya setempat yang terdapat di seluruh wilayah Iindonesia menjadi khasanah dan kekayaan bangsa Indonesia. Oleh alasannya adalah itu budaya lokal akan terus dibiarkan dan dilestarikan oleh masingmasing kawasan atau suku bangsa sesuai dengan kondisi lingkungan baik fisik maupun lingkungan sosialnya.  

Sebagai acuan budaya setempat antara lain, masih adanya tradisi “Selametan” yang diadakan dalam menandai proses  kemajuan hidup dan kehidupan insan pada  Suku Bangsa Jawa. 

Hal ini tampakpada acara selametan menandai periode kehamilan tujuh bulan yang disebut Mitoni atau Tingkepan, syukuran orang yang sudah meninggal dan sebagainya. 

Selain itu program ritual “Garebeg Suro” dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan ritual “Ngaben” bagi penduduk Suku Bangsa Bali adalah contoh dari budaya setempat yang terdapat di wilayah nusantara.  

Kebudayaan Lokal Indonesia mencakup semua budaya yang terdapat di Indonesia adalah segala puncak dan sari kebudayaan yang bernilai di seluruh kepulauan Indonesia, baik yang ada semenjak usang maupun ciptaan baru yang berjiwa nasional.
Indonesia adalah negara yang heterogen terutama dalam sisi manusia Pengertian, Contoh dan Ciri Budaya Lokal
Upacara etika seren taun di Kuningan Jawa Barat
Di Kuningan Jawa Barat juga ada program Seren Taun yang dilakukan penduduk akhlak Cigugur. Upacara ini merupakan hajatan tahunan dalam rangka mensyukuri panen atau hasil bumi yang diterima oleh penduduk lokal. Acara ini sering menjadi pesona  wisatawan lokal dan luar negeri.

Peranan budaya setempat ini mempunyai peranan yang penting dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa, oleh sebab itu Pemda dituntut untuk bergerak lebih aktif melaksanakan pengelolaan kekayaan budaya, sebab budaya meningkat dan kembang pada ranah penduduk pendukungnya. Disamping itu, bagi pemerintah sentra, Lembaga Swadaya Masyarakat, penduduk sendiri, dan elemen yang lain haruslah menyokong atas keberlangsungan dalam pengelolaan kekayaan budaya kedepan.  

Gambar: disini