Blogger Jateng

Jenis Keterampilan Dasar Geografi Siswa

Mempelajari geografi tentu akan banyak membahas perihal banyak sekali macam fenomena geosfer. 

Dalam kurikulum 2013 ini siswa dituntut untuk menjadi seorang pembelajar inovatif, aktif dan kreatif sesuai dengan ajakan skill abad ke 21. Lalu apa saja keterampilan dasar geografi yang harus dikuasai siswa?.
Mempelajari geografi tentu akan banyak membahas tentang berbagai macam fenomena geosfer Jenis Keterampilan Dasar Geografi Siswa
Gempa Lombok berkekuatan 7 skala richter
1. Observasi Observasi ialah kesanggupan utama dalam mengerti rancangan geografi. Dengan panca indera kita akan melihat aneka macam macam fenomena di geosfer. 

Perkembangan geografi pun dimulai dari adanya observasi dan dilanjutkan dengan penjelajahan ke penjuru bumi. Berbagai fenomena yang insan lihat kemudian direkam, dicatat dan dipelajari menjadi sebuah teori dan bahan pembuat kebijakan pembangunan.
2. Deskripsi Kemampuan deskripsi yakni kemampuan membuktikan gejala geosfer yang terdapat di permukaan bumi secara detail dan maksimal sehingga orang lain mampu membaca dan menginterpetasikannya dengan baik. 

Di masa digital ini telah banyak aplikasi yang bisa menciptakan lebih gampang manusia menyaksikan aneka macam macam fenomena seperti aslinya mulai dari google earth, GIS, animasi dan yang lain.
3. Klasifikasi Mengklasifikasi fenomena geosfer didasarkan atas syarat-syarat tertentu. Contoh pembagian terstruktur mengenai jenis hujan, jenis tanah, bentuk gunung api, jenis migrasi dan lainnya. Klasifikasi ini mempermudah insan dalam menggolongkan fenomena tersebut ke dalam satu tema biasa yang sama.
4. Pemetaan Seorang geograf sudah niscaya wajib menguasai teknik dasar peta dan pemetaan. Semua fenomena geosfer mampu dipetakan mulai dari fenomena fisik sampai sosial. Kemampuan peta dan pemetaan yakni kombinasi antara kartografi dengan seni.
5. Analisa Kemampuan analisa dalam geografi adalah kesanggupan memeriksa korelasi interaksi dan interelasi antara tanda-tanda satu dengan tanda-tanda lain di permukaan bumi. Contohnya hubungan antara perilaku insan dengan kemacetan di Jakarta