Blogger Jateng

Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Pusat Pertumbuhan

Tidak semua lokasi mampu berevolusi menjadi kutub pertumbuhan dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

Coba kamu lihat daerah-daerah di Indonesia, tidak semua berkembang jadi kawasan dengan kekuatan ekonomi super mirip Jabodetabek atau Makassar dan yang lain. Berikut ini penjelasannya.
a. Kondisi Fisik Wilayah Kondisi fisik suatu wilayah ialah salah satu aspek yang menciptakan kawasan mampu berkembang menjadi pusat kemajuan. 

Daerah dengan morfologi datar akan lebih singkat meningkat dibandingkan daerah yang berbukit-bukit atau curam. 

Pembangunan infrastruktur di daerah yang datar pasti akan lebih mudah dan murah dibandingkan tempat yang berbukit dan curam. Selain itu kondisi tanah juga mempengaruhi kepada cepat tidaknya suatu tempat meningkat .
b. Potensi Sumber Daya Alam Daerah yang punya sumber daya alam melimpah bisa menjadi pusat kemajuan alasannya adalah mampu menjadi penggagas ekonomi. Contohnya dulu Bontang yaitu seuah tempat tak bertuan, namun sesudah ada kilang minyak sekarang menjadi kota metropolitan. 

Banyak orang datang ke Bontang untuk mengais rezeki dan lambat laun kota semakin tumbuh pesat. Makin banyak migrasi insan maka aneka macam macam kebutuhan kian meningkat sehingga menjadi potensi bisnis di bidang lain.
Tidak semua lokasi bisa berevolusi menjadi kutub pertumbuhan dikarenakan ada faktor Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Pusat Pertumbuhan
Kota Bontang makin pesat
c. Infrastruktur Transportasi Ketersediaan saranan prasaranan transportasi sungguh penting dalam mendukung lahirnya suatu sentra kemajuan. Kota-kota yang dihubungkan dengan jalan dan sarana transportasi yang baik akan terus meningkat pesat karena membuat lebih mudah transfer barang dan jasa.
d. Industri Industri pendorong yaitu salah satu faktor penarik bagi manusia untuk mendapatkan pekerjaan. Keberadaan industri ini dapat menunjukkan potensi kegiatan ekonomi dan selanjutnya akan menghasilkan imbas penyebaran ke daerah pinggiran. 

Contohnya dulu Cikarang adalah tempat rawa kemudian sekarang disulap menjadi kota modern alasannya banyaknya industri besar bangun disana.
e. Kondisi Masyarakat Pola pikir, kebiasaan dan sosial masyarakat bisa menghipnotis terhadap cepat tidaknya suatu tempat meningkat . 

Masyarakat yang terbuka akan hal-hal baru condong lebih singkat meningkat dibandingkan masyarakat yang tertutup.
f. Kebijakan Ekonomi Ada kalanya pemerintah menetapkan sebuah daerah dibangun menjadi sebuah sentra perkembangan dikarenakan aspek ekonomi seperti Batam. 

Batam secara lokasi yaitu gerbang menuju Singapura dan Malaysia sehingga oleh pemerintah ditetapkan sebagai kawasan pusat kemajuan. Baca juga: Faktor Indonesia sulit jadi negara maju
Gambar: disini