Blogger Jateng

Download Contoh Kegiatan Pembuka dan Penutup Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran di kelas terbagi ke dalam tiga serpihan utama ialah pembuka, inti dan penutup. Kali ini aku akan membagikan pola kumpulan program pembuka dan epilog pembelajaran di kelas. 

Kegiatan pembuka pelajaran sungguh penting di kelas karena jangan sampai kita menciptakan anak tidak mood berguru. Ingat pepatah "kesan pertama begitu menggoda, berikutnya terserah anda", jikalau aktivitas pembuka kelas sukses maka kelar telah hidup lo.
Di awal pembuka kelas ini lazimnya kita melakukan acara seperti menyapa, doa, motivasi dan appersepsi. Buatlah rancangan permulaan pembuka kelas yang bagus dan cetar membahana. 

Jangan hingga masuk kelas kemudian pribadi ngasih materi atau peran. Buatlah anak-anak rileks dulu, cari icebreaking atau sedikit humor dan dongeng wacana peristiwa terkini atau apalah. Beri mereka teka-teki untuk memanaskan otak apalagi dulu, cari di google banyak.
Kegiatan penutup kelas ialah kegiatan tamat suatu pembelajaran. Disini guru mesti menciptakan closing statement yang menarik juga dan berkesan tentunya. Di serpihan tamat ini guru dan siswa melakukan elaborasi bersama. 

Usahakan untuk cek siswa satu persatu ihwal pengertian materi pelajaran, bisa secara random. Download kumpulan contoh program pembuka dan penutup pembelajaran di bawah ini.
Kegiatan Pendahuluan dan Penutup from Agnas Setiawan