Blogger Jateng

Contoh Prasasti Yang Berhasil Ditemukan di Indonesia

Prasasti ialah salah satu rekaman tertulis yang menceritakan kejadian di kurun kemudian. Prasasti menulis sebuah kejadian yang cukup penting di kala prasasti itu dibentuk. 

Pembuatan prasasti selalu didasarkan pada perintah raja dan tujuanya yaitu mengabadikan suatu kejadian yang dialami oleh raja atau sebuah kerajaan.

Ada banyak prasasti ditemukan di Indonesia dan sungguh berkhasiat untuk sumber sejarah. Contoh prasasti yang berhasil didapatkan di tempat Indoneisa dan terkait peristiwa penting di era lalu diantaranya:
Prasasti merupakan salah satu rekaman tertulis yang menceritakan kejadian di masa lalu Contoh Prasasti Yang Berhasil Ditemukan di Indonesia
Prasasti diukir diatas kerikil
1. Prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai. Prasasti ini dibentuk dalam rangka upacara penghormatan terhadap para pendahulu dan sumbangan hadiah terhadap para pendeta atau Kaum Brahmana yang memimpin upacara tersebut.
2. Prasasti Tugu dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Tarumanegara dibentuk untuk memperingati kesuksesan Raja Mulawarman membuat terusan irigasi untuk berbagi kesejahteraan rakyatnya.
3. Prasasti Ratu Boko dari Kerajaan Syailendra. Prasasti ini dibuat atas nama perintah Raja Balaputra Dewa. Tujuannya untuk megenang kekalahan Raja Balaputra Dewa dalam perang kerabat melawan kakaknya yang bernama Putri Pramodhawardhani. Karena kekalahan itu Raja Balaputra Dewa lari ke Kerajaan Sriwijaya.
4. Prasasti Ligor dari Kerajaan Sriwijaya. Prasasti ini dibuat selaku tanda bahwa kerajaan Sriwijaya telah membangun ibukota gres di Semenanjung Malaya berjulukan Ligor.
5. Prasasti Canggal dari Kerajaan Mataram Hindu. Prasasti ini dibuat atas Perintah Raja Sanjaya. Prasasti ini merupakan perayaan bahwa Kerajaan Mataram Hindu sukses diresmikan oleh Raja Sanjaya di sekeliling Jawa Tengah.
6. Prasasti Kalasan dari Kerajaan Syailendra. Prasasti ini menyebutkan seorang raja dari dinasti Syailendra yang sukses menunjuk Rakal Panangkaran untuk menciptakan sebuah bangunan suci untuk Dewi Tara dan suatu biara untuk para pendeta.
7. Prasasti Mantyasih dari Kerajaan Mataram. Prasasti ini dibuat atas dasar perintah Raja Diah Balitung. Prasasti ini menyebutkan daftar nama raja-raja yang pernah memerintah Mataram dari mulai Sanjaya sampai Diah Balitung.