Blogger Jateng

RPP Geografi Kelas X Bab Karya Tulis Ilmiah

Minggu ini training implementasi Kurikulum 2013 dimulai lagi selama sepekan sarat . Isi training meliputi bedah SKL, Silabus, Indikator, Perancangan RPP sampai Rancangan Penilaian. 

Kurikulum 2013 khusus mapel geografi ada sedikit revisi dalam hal konten, salah satunya yakni Bab Karya Tulis Ilmiah. 

Dihadirkannya materi karya tulis ini demi menyesuaikan pertumbuhan zaman dimana riset-riset modern diharapkan untuk menyelesaikan permasalahan-urusan hidup yang semakin kompleks.
Saat ini sudah banyak event-event karya ilmiah bagi siswa sehingga bahan pembelajaran di kurikulum geografi juga perlu menyesuaikan. Isu-info lingkungan di sekeliling seperti kemacetan, selokan kotor, wangi sampah, dan lainnya ialah fakta lapangan yang layak dijadikan target objek pengamatan bagi siswa.

Masalah tersebut harus dipecahkan agar mutu kehidupan tidak makin memburuk di tengah modernitas zaman. 
Sebelum melakukan riset lapangan, niscaya siswa mesti dibekali dengan rancangan-konsep dasar dalam melaksanakan penelitian sampai hingga pelaporan dalam bentuk makalah. 

Siswa harus diajarkan ihwal bagaimanan menciptakan penyusunan rencana penelitian, melaksanakna pengamatan dan melaporkan observasi. 

Berikut acuan RPP ihwal materi karya tulis geografi hasil training K13 ahad ini. Jika ada yang kurang silahkan ditambahkan saja sesuai kebutuhan sekolah. 

Contoh dibawah yaitu hanya 1 konferensi saja, alias bagian pertama dan belum hingga aktivitas observasi.
RPP Geografi Kelas X Karya Tulis from Agnas Setiawan