Blogger Jateng

Peta Zona Pusat-Pusat Pertumbuhan di Indonesia

Indonesia dikala ini mengalami pertumbuhan yang ahli utamanya dari segi infrastruktur. 

Infrastruktur yang anggun diperlukan akan membuat kutub-kutub pertumbuhan baru dan berbagi kemajuan ekonomi penduduk . Seistem pembangunan Indoneisa sebetulnya telah dirancang dikala Orde Baru.

Sistem pembangunan yang dimaksud yaitu pembangunan nasional dengan metode regionalisasi atau pewilayahan dengan kota-kota utama berperan sebaai sentra perkembangan mirip Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar. 

Dari kota inilah diharapkan proses pembangunan akan menyebar ke wilayah sekitarnya. Hal ini bermaksud semoga pemerataan pembangunan dapat tercapai dengan secepatnya ke semua penjuru tanah air. Ada empat zona pusat kemajuan daerah Indonesia ialah:
Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa terutama dari segi infrastruktur Peta Zona Pusat-Pusat Pertumbuhan di Indonesia
Jembatan Ampera di Palembang yang indah
1. Wilayah Pembangunan Utama A dengan sentra perkembangan utama yaitu kota Medan. Wilayah pertumbuhan A meliputi: - Wilayah Pembangunan I yaitu kawasan-kawasan di Aceh dan Sumatera Utara berpusat di Medan. - Wilayah Pembangunan II ialah daerah-daerah Sumatera Barat dan Riau berpusat di Pekanbaru.
2. Wilayah Pembangunan Utama B dengan sentra pertumbuhan utama ialah kota Jakarta. Wilayah perkembangan B meliputi: - Wilayah Pembanguan III meliputi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan berpusat di Palembang - Wilayah Pembangunan IV meliputi Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta berpusat di Jakarta. - Wilayah Pembangunan V meliputi Kalimantan Barat yang berpusat di Pontianak.
3. Wilayah Pusat Pembangunan Utama C dengan sentra kemajuan utama kota Surabaya. Wilayah pertumbuhan C meliputi: - Wilayah Pembangunan VI mencakup tempat-tempat di Jawa Timur, Bali dan berpusat di Surabaya. - Wilayah Pembangunan VII meliputi daerah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan berpusat di Balikpapan dan Samarinda.
 3. Wilayah Pusat Pembangunan Utama D dengan sentra perkembangan utama kota Makassar. Wilayah pertumbuhan D mencakup: - Wilayah Pembangunan VIII meliputi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Timor-Timur yang berpusat di Makassar. - Wilayah Pembangungan IX mencakup tempat Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara yang berpusat di Manado. - Wilayah Pembangunan X yang meliputi tempat Maluku dan Papua berpusat di Sorong.