Blogger Jateng

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan

Letak geografis ialah letak atau posisi suatu kawasan menurut posisinya terhadap daerah lainnya. 

Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia. Selain itu Indonesia berada diantara dua samudera besar adalah Hindia dan Pasifik. 

Memang ada dampaknya ya bagi kehidupan?. Ada dong, posisi Indonesia tadi mensugesti kepada banyak sekali hal bagi dari sisi cuaca, ekonomi, budaya dan politik. 

Letak geografis Indonesia menghipnotis proses terjadinya animo penghujan dan kemarau di seluruh kawasan Indonesia.
Saat angin muson barat, angin berhembus dari daratan Asia yang banyak membawa uap air sehingga dikala datang di Indonesia, demam isu penghujan dimulai di bagian barat. 

Sementara itu dikala angin muson timur, angin berhembus dari Australia yang bersifat kering dan masbodoh. Makanya uap air sedikit sehingga animo kemarau dimulai di mayoritas pulau Indonesia. 

Fenomena cuaca cuek sampai es muncul di Dieng ketika bulan Juli pun akaibat imbas cuaca cuek di Australia. Jadi jadwal kehadiran es di Dieng yaitu sekitar bulan Juli.  
Letak geografis adalah letak atau posisi suatu wilayah berdasarkan posisinya terhadap wila Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan
Pola angin muson Indonesia
Letak geografis juga membuat Indonesia ada pada posisi silang kemudian lintas jual beli dan pelayaran dunia. Sejak dulu banyak para pelaut yang singgah di Malaka lalu melanjutkan perjalanan ke Indonesia untuk berdagang. 

Posisi silang ini tergolong strategis secara ekonomi jika diatur optimal. Indonesia bisa jadi pintu gerbang perekonomian ASEAN dan Pasifik sehingga mampu memajukan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Secara sosial budaya, letak georgafis Indonesia memungkinkan masuknya beragam imbas sosial budaya dari luar yang mengakibatkan perkembangan keanekaragaman budaya Indonesia. 

Kini sudah ada ribuan bahasa dan ratusan suku bangsa bertempat tinggal di penjuru Indonesia dengan ciri fisik dan budaya yang bermacam-macam.
Secara politik, letak geografis Indonesia juga menghipnotis tatanan desain geopolitik kita. dalam kerangka Wawasan Nusantara. NKRI adalah negara kepulauan yang DISATUKAN oleh bahari-laut sempit.

Laut bukanlah pemisah namun pemersatu pulau dan bangsa Indonesia. Indonesia sebagai negara laut yang pernah jaya dulu, kini tengah kembali membangun jatidiri selaku pusat peradaban dunia. 
Gambar: disini