Blogger Jateng

MENGERIKAN!!!, Inilah Besar Gaji Guru PNS Ditambah Tunjangan Sertifikasi

Judul diatas kayaknya boombastis banget ya, tetapi memang sengaja ditulis gitu alasannya emang faktanya benar. 

Siapa yang tidak mau jadi PNS di jaman now?. Gaji tetap, naik terus, ada THR, insentif, jenjang karir, pensiun dll, wow!. 

Beberapa waktu kemudian aku buka salah satu grup guru di medsos dan menyaksikan ada yang upload tentang laporan gaji guru PNS. Yang upload yaitu tata perjuangan. Insaallah bukan hoax, semoga bisa mencerahkan kita semua.
Sebentar lagi tes CPNS 2018 dimulai bukan?. Lalu pastinya jutaan masyarakatIndonesia akan berkompetisi ketat, lebih ketat dari Liga Premier Inggris dan Liga Spanyol malahan. 

Menjadi PNS yakni salah satu pekerjaan idaman rakyat Indonesia. Lalu apakah salah?. Engga salah, sama sekali tidak dan silahkan berjuang jikalau ingin menjadi PNS, tentunya dengan cara halal dan benar. 

Jika hasil nyogok maka SUDAH PASTI gaji kamu HARAM seumur hidup. Kamu makan dari duit haram, nyekolahin anak nanti pakai duit haram, beli rumah pakai duit haram. Masa hidup kamu mau haram terus.
Jadi PNS itu jaman sekarang sukar bro, jadi memang mesti sabar, gak kaya dahulu. Ibu saya nih (Guru Sekolah Dasar) dulu PNS nya gak pake tes-tesan, dibuatkan pribadi oleh dinas alasannya adalah dulu memang pada gak mau jadi PNS. 

Setelah reformasi, kemakmuran PNS meningkat kemudian jadi viraldeh penduduk ingin jadi PNS. Memang berapa sih gaji guru PNS itu?. Coba lihat salah satu nya di bawah ini!.
Gaji guru PNS ditambah sertifikasi
Bisa dilihat kan gaji Guru diatas (itu gres santunan sertifkasinya), jikalau honor pokok yang PNS pasti sama ya, bisa dicek sendiri. Jadi telah terang bahwa jadi PNS itu menjamin kemakmuran. Coba bandingkan dengan honor guru hononer. 

Saya dulu tahun 2010 habis lulus kuliah pernah jadi guru honorer dengan bayaran 12.500 per jam pelajaran. Sebulan itu dapatnya hanya 150.000 rupiah coy. Tapi itulah realitas profesi guru di Indonesia. 

Jadi bulat setan sesungguhnya. Penduduk Indonesia banyak, maka kebutuhan sekolah banyak, jadi banyak sekolah swasta bikin sekolah dan bayaran menyesuaikan keadaan. 
YANG IDEAL nih ya, harusnya jika mau bikin sekolah itu sebuah negara ada suatu prosedur nya, jadi semua standar mesti dipenuhi dahulu dan mampu dilakukan sebelum membangun sekolah dan paling penting STANDAR GAJI GURUNYA dong.

TAPI lagi-lagi itu yakni TATANAN IDEAL ya, jadi di negeri ini memang sulit untuk mewujudkan hal itu, kecuali sekolah swasta elit bermodal besar, bisa lah ngukur gaji yang manusiawi.
Kaprikornus jika anda kini jadi guru swasta utamanya honorer, jangalah fokus pada naikan honor alasannya adalah ada banyak pintu gerbang lain yang lebih masif ialah wiraswasta. Memang boleh guru nyambi wiraswasta?. 

Ya boleh banget lah, pintu rezeki itu kan 99% dibuka dari perdagangan. Bagaimana cara berwiraswasta?. Pikirkan sendiri, tanya sobat, baca di google, banyak bahan-materi gratis disana dan gak usah mengeluh. 

Jika kau jadi wiraswasta sukses maka penghasilan kau dijamin akan lebih dari gaji PNS yang aku tampilkan diatas. 

Baca juga: Kunci tes sumatif PPG Modul 1 Lulus