Blogger Jateng

Letak Astronomis Indonesia dan Dampaknya

Letak atau lokasi merupakan desain dasar dari geografi dan menjadi acuan untuk pertanda fenomena berikutnya. 

Kali ini kita akan sedikit bicara perihal bagaimana sih lokasi astronomis Indonesia itu?. Lokasi astronomis adalah suatu letak yang didasarkan atas garis lintang dan bujur. 

Letak astronomis Indonesia ada di 6 LU-11 LS dan 95 BT-141 BT. Dengan posisi tersebut maka Indonesia sebagian ada di cuilan bumi utara dan sebagian lagi ada di bab selatan. 

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi ialah pulau besar yang dilewati garis khatulistiwa. Sebagian besar wilayah Indonesia berada di kepingan selatan dari khatulistiwa.
Lalu apa imbas dari lokasi astronomis Indonesia bagi kehidupan?. Dampak terbesar yaitu terhadap kondisi cuaca dan iklim negara Indonesia. Karena berada di tempat ekuator maka Indonesia masuk kawasan tropis. 

Suhu udara rata-rata tinggi diatas 18 derajat C. Intensitas matahari di Indonesia sungguh tinggi sehingga kelembaban tinggi kebanyakan. Curah hujan juga tinggi sehingga berbagai jenis tanaman bisa berkembang subur.  
Letak atau lokasi merupakan konsep dasar dari geografi dan menjadi acuan untuk menerangkan Letak Astronomis Indonesia dan Dampaknya
Es di Dieng alasannya dampak cuaca di Australia
Secara lazim Indonesia punya dua info terkini yakni penghujan dan kemarau dengan selingan pancaroba diantara keduanya. Musim penghujan di Indonesia beragam tiap kawasan sebab aspek pembentuk cuacanya bermacam-macam. 

Jadi jatuhya hujan di tiap daerah Indonesia beda-beda ya guys!. Namun biasanya musim penghujan berjalan dari Oktober hingga Maret dan April sampai September yakni kemarau.
Selain itu posisi ini juga membuat Indonesia dibagi ke dalam 3 zona waktu yaitu WIB, WITA dan WIT. Setiap zona beda 1 jam atau GMT + 7, + 8 dan + 9. Jika di Jakarta pukul 09.00 WIB maka di Makassar pukul 10.00 dan di Jayapura pukul 11.00. Coba jawab soal berikut ini ya!.
"Mr. Bolot berangkat dari Bandara Soetta Jakarta ke Manado pukul 06.00 pagi. Perjalanan ditempuh selama 2 jam dengan pesawat Lovebird. Saat Mr. Bolot datang di Manado, sedang pukul berapakah disana (Manado)?. Gambar: disini