Blogger Jateng

Contoh Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Dalam Mapel Geografi

Dalam kurikulum 2013, sesudah merinci faktor kesanggupan berpikir pada KD-3 dan KD-4 maka guru harus menyebarkan materi pokok yang terurai dalam IPK yang sudah ditentukan pada analisis SKL, KI-KD. Contohnya yaitu:
1. Ruang lingkup wawasan geografi 2. Objek studi dan aspek geografi 3. Konsep esensial geografi dan acuan terapannya 4. Prinsip geografi dan pola terapannya 5. Pendekatan geografi dan pola terapannya 6. Keterampilan geografi
 setelah merinci aspek kemampuan berpikir pada KD Contoh Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Dalam Mapel Geografi
Peta geografis bumi
Pengembangan bahan pembelajaran secara rinci diubahsuaikan dengan karakter kompetensi atau kesanggupan berpikir yang dibutuhkan dikuasai akseptor bimbing. Oleh alasannya adalah itu maka guru wajib memerhatikan materi dasar atau kompetensi permulaan sebagai tahapan berpikir yang telah dipelajari peserta asuh.

Selain itu dalam menentukan bahan pembelajaran anda harap mengamati konten materi mana yang berupa wawasan nyata, konseptual, prosedural dan metakognitif yang keempatnya tidak memberikan urutan hierarki.
Contohnya: 1. Pengetahuan kasatmata a. Fenomena alam: data cuaca iklim, fenomena longsor, banjir, kekeringan atau gejala lain yang kasatmata dan update. b. Fenomena sosial: kemacetan, kepadatan, migrasi, macet mudik, urbanisasi dll.
2. Pengetahuan konseptual Contohnya yaitu Konsep Geografi yang terdiri dari Lokasi, Jarak, Keterjangkauan, Pola, Morfologi, Aglomerasi, Nilai Guna, Diferensiasi, Interaksi dan Asosiasi. Konsep ini pokoknya semua hal tentang teori-teori dalam sebuah materi pembelajaran.
3. Pengetahuan prosedural Contoh: Langkah-langkah pengataman kepada fenomena geosfer. Artinya Guru mesti mendesain suatu lembar kerja dimana siswa akan melaksanakan sebuah proses observasi terhadap fenomena geosfer yang nyata, kekinian di lapangan.
4. Pengetahuan metakognitif Contoh: Menentukan pendekatan yang sempurna utnuk mengkaji fenomena geosfer atau duduk perkara yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan metakognitif ini lebih mengarah pada penyelidikan secara ilmiah/riset untuk siswa.
Itulah tahapan pengembangan bahan pembelajaran geografi yang harus dilaksanakan oleh guru. Memang agak susah tetapi harus kita kerjakan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Akan lebih baik jika dilaksanakan dengan diskusi antar guru untuk membedah bahan latih ini. Gambar: disini
Info HOTS: Soal UP PPG Geografi Profesional Pengalaman Pribadi + Jawaban