Blogger Jateng

Arti Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Indonesia ialah negara kepulauan yang sungguh besar di dunia dengan semua kesempatanyang ada didalamnya. 

Kamu yakin gak jikalau semenjak dulu itu nusantara kita merupakan sentra perdagangan dan peradaban yang mahir?. Di zaman Majapahit saja kekuasaan nusantara bahkan hingga ke Thailand. 

Armada-armada maritim kita sejak dahulu sangat berpengaruh dan disegani. Inilah yang mengakibatkan Indonesia bisa menjadi poros bahari dunia. 

Semua pulau-pulau disambungkan oleh laut-bahari sempit yang mempunyai beragam potensi. Baca juga: Pengaruh letak geografis Indonesia bagi kehidupan
Poros maritim yaitu wangsit strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau sehingga arus barang dan jasa berjalan tanpa hambatan. Ada lima pilar utama yang mengakibatkan Indonesia selaku poros bahari dunia, yaitu: 1. Pembangunan kembali budaya laut Indonesia. 2. Komitmen menjaga dan mengurus SDA dengan konsentrasi membangun kedaulatan pangan maritim melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan selaku pilar utama. 3. Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektifitas laut dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik dan industri perkapalan dan rekreasi laut. 4. Diplomasi bahari yang mengajak semua kawan Indonesia untuk melaksanakan pekerjaan sama pada bidang kelautan. 5. Pembangunan kekuatan pertahanan bahari
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar di dunia dengan semua potensi yang  Arti Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Pelabuhan yaitu pintu gerbang utama perdagangan
Kejayaan Indonesia di bidang kemaritiman harus digelorakan karena Indonesia merupakan Atlantis yang pernah dituliskan Plato dalam bukunya berabad-periode silam. Atlantis yakni negara yang kaya, gemah ripah lohjinawi. 

Indonesia mesti berjaya di lautan dan di daratan, jangan hingga kekayaan kita dimanfaatkan negara lain. Ada dua cuilan besar yang menjadi bagian pembangun poros bahari  dunia adalah:
1. Aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman sebagai aset andalan pengembangan dan pembangunan poros laut. Aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman mencakup sumber daya perikanan, migas lepas pantai, mineral dasar bahari, transportasi laut, industri bahari, rekreasi maritim, pulau luar, terumbu karang dan yang lain.
2. Aspek unsur manajemen untuk menentukan bagaimana aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman mampu dikelola dan dikembangkan arahnya untuk mewujudkan poros maritim dunia. aspek ini meliputi penataan ruang bahari, pengaturan alur laut kepulauan, pengawasan bahari, pertahanan dan keselamatan untuk kedaulatan NKRI, budaya maritim, sumber daya insan, IPTEK kelautan dan kualitas dan daya dukung lingkunan maritim.
Posisi Indonesia ditakdirkan dikala ini berada di khatulistiwa dimana mengakibatkan negara ini berada di tengah-tengah dunia. Oleh sebab itu Indonesia diketahui juga selaku zamrud khatulistiwa lantaran di dalamnya terdapat berjuta peluangyang begitu mengesankan.  

Baca juga: Pengaruh letak astronomis Indonesia bagi kehidupan
Untuk lihat pembahasan versi video, silahkan subsceibe chanel ILMUGURU di youtube berikut ini.