Blogger Jateng

Cara Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah

Pengembangan sekolah dijadwalkan secara terpadu dan berjenjang melalui tahapan. Pengembangan sekolah wajib dilaksanakan supaya sekolah tidak menjadi sekolah "madesu" alias kurun depan suram. Setiap leader, guru, siswa, orang tua dan unsur sekolah lain harus dilibatkan dalam perjuangan pengembangan sekolah. Rencana pengembangan sekolah sangat penting sebab dijadikan landasan kerja seluruh staf sehingga harus disusun dengan baik.
Pengembangan sekolah direncanakan secara terpadu dan berjenjang melalui tahapan Cara Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah
Pengembangan sekolah wajib dijalankan
Apakah kepala sekolah harus menyusun sendiri rencana pengembangan sekolahnya? Tidak mungkin, beliau harus melibatkan banyak sekali orang atau potongan-potongan unit sekolah. Harus ada tim penyusun acara sekolah yang secara teknis bertugas menyusun program sekolah. Harus ada kerja sama antar unit dan tidak bisa berlangsung sendiri.
Siapa saja yang menjadi anggota tim pengembangan sekolah? Idealnya tiap unsur harus terwakili dalam tim. Namun kalau mustahil paling tidak ada bagian guru, staf administrasi, wakil orang amis tanah dan bahkan jika mungkin wakil siswa. Anggota tim seharusnya dipilih yang mempunyai a) wawasan kependidikan yang mumpuni dan b) memiliki minta dalam aktivitas perencanaan. Jumlah tim tidak perlu banyak agar efisien dan cari data sebanyak mungkin sebagai landasan pengembangan kebijakan.
Jenis penyusunan rencana apa yang harus dimiliki sekolah? Idealnya sekolah wajib punya rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Rencana jangka panjang sekolah bersifat biasa dan hanya menyebutkan arah pengembangan atau visi contohnya dalam waktu 8 tahun pengembangan sekolah diarahkan untuk memajukan mutu lulusan ditandai dengan naiknya rata-rata nilai UN dan diprolehnya prestasi tingkat nasional mirip OSN dan kontes yang lain.
Rencana sekolah jangka menengah telah harus lebih operasional dengan menyebut sasaran. Contohnya nilal UN harus naik dari 60 menjadi 70 diikuti penjabaran garis besar acara contohnya program pengayaan dan studi banding.
Rencana jangka pendek mesti sungguh rini dengan tahapan kegaitannya dan bisa dibentuk dalam bentuk agenda atau rencana mingguan sampai bulanan yang terstruktur dan dapat dilihat jelas oleh semua stakeholder. Kepala sekolah yang anggun wajib mempunyai rencana pengembangan sekolah bila ingin sekolahnya maju. 

Jika kepala sekolah tidak memiliki wangsit untuk menyusun rencana pengembangan sekolah maka telah pasti dia kepala sekolah abal-abal yang tidak menghiraukan dan harus secepatnya dilengserkan. Kepala sekolah adalah manajer maka dia harus punay visi misi terang dalam hidupnya, jangan hingga hanya mementingkan kepentingan pribadi.