Blogger Jateng

Sistem Klasifikasi Dua Kingdom, Tiga Kingdom dan Empat Kingdom

Klasifikasi dalam biologi diperlukan supaya berbagai mahluk hidup bisa dikelompokkan dan dibedakan satu sama lain.  

Klasifikasi yang didasarkan pada korelasi filogenetik mengalami aneka macam pertumbuhan guys. Klasifikasi ini diakui dan digunakan secara internasional. 

Hingga kini ada beberapa tata cara klasifikasi yang diperkenalkan oleh tata cara taksonomi diantaranya metode dua kingdom, tiga kingdom dan empat kingdom.
1. Sistem Dua Kingdom Klasifikasi tata cara dua kingdom ini dikeluarkan oleh Aristoteles. Dalam metode ini organisme dibagi ke dalam dua kerajaan ialah plantae dan animalia. a. Kingdom Plantae (Kerajaan Tumbuhan) Kerajaan tumbuhan atau tanaman mempunyai ciri : terdapat dinding sel yang tersusun atas selulosa sehingga selnya kaku, berklorofil dan bisa berfotosintesis. Meski tidak berklorofil, kuman dan jamur masuk dala pembagian terstruktur mengenai kerajaan tumbuhan. Ganggang, lumut, paku-pakuan dan tumbuhan berbiji juga masuk kingdom plantae. b. Kingdom Animalia (Kerajaan Hewan) Ciri-ciri kingdom animalia ialah: tidak berdinding sel, tidak berklorofil, bisa bergerak bebas. Yang masuk klasifikasi binatang adalah Protozoa, Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.
Klasifikasi dalam biologi diperlukan agar Sistem Klasifikasi Dua Kingdom, Tiga Kingdom dan Empat Kingdom
Tumbuhan dan Hewan
2. Sistem Tiga Kingdom Klasifikasi tiga kingdom dikemukakan oleh Ernst Haekel pada 1866. Dalam pembagian terstruktur mengenai ini, mahir menggolongkan mahluk hidup ke dalam 3 kingdom Monera, Plantae dan Animalia. a. Kingdom Monera Ciri-cirinya ialah badan tersusun atas satu sel atau banyak sel, inti sel tanpa selubung atau prokariotik. Yang masuk pembagian terstruktur mengenai Monera yaitu bakteri dan ganggang biru. b. Kingdom Plantae Di dalam kerajaan tumbuhan terdapat basil, alga, jamur, lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji. c. Kingdom Animalia Sama mirip sistem dua kingdom, dimulai dari Protozoa hingga Chordata.
3. Sistem Empat Kingdom Sistem ini meningkat sesudah ditemukannya inti sel. Orang yang pertamakali mengemukakannya yaitu Robert Whittaker pada 1959. Ada organisme yang inti selnya tidak memiliki membran inti yaitu kuman dan ganggang biru. 

Oleh karena itu kuman dan ganggang biru disebut organisme prokariotik. Sementara organisme yang didalam selnya terdapat inti yang diselubungi oleh membran inti dimengerti selaku organisme eukariotik. 

Misalnya jamur, tumbuh-tanaman dan binatang. Berikut ini metode empat kingdom: a. Kingdom Monera Semua anggota kingdom Monera punya inti tanpa membran. b. Kingdom Fungi Semua jamur dimasukan dalam Kingdom Fungi. c. Kingdom Plantae Semua ganggang kecuali ganggang biru, lumut, paku pakuan, dan tanaman biji dimasukan dalam kerajaan tumbuhan. d. Kingdom Animalia Semua binatang mulai Protozoa sampai Chordata dimasukan dalam kerajaan hewan atau animalia. 
Gambar: disini