Blogger Jateng

Sejarah Awal Peradaban Lembah Sungai Kuning Huang Ho

Peradaban lembah Sungai  Kuning (Huang  Ho) ialah peradaban yang terletak  di wilayah Asia Timur. 

Peradaban lembah Sungai Kuning (Huang Ho) bermula dari inovasi insan  purba  jenis Pithecanthropus, adalah Sinanthropus pekinensis yang ditemukan  di tempat gua-gua Choujoutien di lembah Sungai Huang Ho. 

Peradaban lembah Sungai  Kuning  (Huang  Ho) identik  dengan kerajaan-kerajaan di  Tiongkok yang  menerapkan  sistem pemerintahan feodal  dengan raja selaku sentra kekuasaan di antara kerajaan-kerajaan kecil. 

Kerajaan-kerajaan di Tiongkok  mengalami pergantian dinasti yang berganti-ganti. Berikut dinasti yang berkuasa dari abad ke abad. Baca juga: Tipe-tipe erupsi gunung api di dunia
merupakan peradaban yang terletak  di wilayah Asia Timur Sejarah Awal Peradaban Lembah Sungai Kuning Huang Ho
Peta Peradaban Lembah Sungai Huang Ho
Dinasti Xia (2000 – 1500 SM)
Keberadaan Dinasti Xia tidak banyak didapatkan sehingga para mahir menyebut bahwa Dinasti Xia selaku dinasti mitos yang mulai meningkat pada kurun Dinasti Chou.

Dinasti Shang (1523 – 1028 SM)
Masa  Dinasti Shang  sudah  mengenal  dogma  kepada  tuhan kesuburan  atau tuhan  bumi. Dinasti Shang  juga  memiliki  kebudayaan yang sudah maju  dengan ditemukannya  alat-alat  dengan  teknologi  tinggi  pada  masanya  seperti  keramik tripod (keramik yang memiliki tiga kaki) dan juga budaya periuk hitam tanpa dekorasi atau pernak-pernik yang sering disebut juga dengan black pottery.   

Dinasti Chou/Zhou (1028 – 256 SM)
Dinasti Chou/Zhou dikenal dengan Tien Min yang ialah kekuasaan mandat dari langit. Dinasti Chou/Zhou ialah dinasti yang menyelesaikan kekuasaan Dinasti Shang  dengan  menggunakan desain Tien  Ming. 


Konsep ini  mengklaim  Chou/Zhou   ditunjuk   oleh ilahi untuk memerintah. Dinasti Chou/Zhou juga  dimengerti   selaku   zaman seratus  filsafat  karena  meningkat   filsafat-filsafat seperti konfusianisme, taoisme, dan legalisme.  

Baca juga:
Geologi patahan lembang Bandung
Klasifikasi kota di Indonesia
Dinasti Chin (221 – 207 SM)
Dinasti Chin ialah dinasti yang memulai pembangunan Tembok China (The Great Wall)  yang berencana untuk  mengusir  kaum barbar. 


Pada kurun Dinasti Chin pemikiran konfusius tidak boleh. Sistem pemerintahan Dinasti Chin bersifat  sentralistik dengan sentra kekuasaan di bawah kekuasaan Kaisar Chin Shin Huang Ti. 
merupakan peradaban yang terletak  di wilayah Asia Timur Sejarah Awal Peradaban Lembah Sungai Kuning Huang Ho
Pasukan Teracota di Cina
Dinasti Han (206 – 200 SM)
Dinasti Han merupakan abad keemasan dari anutan konfusianisme. Saat itu, terdapat  ujian pegawai kerajaan dengan  menggunakan fatwa konfusius selaku   materi  ujiannya.  Orang-orang yang lulus dalam cobaan tersebut lalu dijadikan pegawai kerajaan yang disebut dengan kaum gentry. 

Dinasti Tang (625 – 906 M)
Agama Buddha mulai masuk dan berkembang pada  abad Dinasti Han. Hal  ini  menimbulkan adanya sinkretisme antara  pedoman konfusianisme dengan pedoman Buddha. 


Selain itu, pada Dinasti Tang juga meningkat pemikiran Islam yang  pesat  akibat  dari  jalur  jual beli yang menimbulkan terjadi interaksi antara pedagang Tiongkok dan penjualIslam. Baca juga: Tahap-tahap pembentukkan fosil
Dinasti Mongol/Yuan (1260 – 1368 M)
Dinasti  Mongol/Yuan  ialah  dinasti  yang  dipimpin  oleh  orang  luar  Tiongkok yang disebut dengan bangsa Hun (yungnu).

Dinasti Ming (1368 – 1644 M)
Dinasti  Ming  yakni   era   keemasan  Islam yang berkembang pesat yang dikenalkan oleh Laksamana Cheng   Ho.  Beliau   merupakan   penjelajah   muslim terkenal.  Menurut  beberapa  andal,  Laksamana  Cheng Ho membuatkan Islam sampai ke kawasan Nusantara (Indonesia). 
merupakan peradaban yang terletak  di wilayah Asia Timur Sejarah Awal Peradaban Lembah Sungai Kuning Huang Ho
Tembok raksasa Cina
Dinasti Manchu (1644 – 1912 M)
Dinasti Manchu merupakan dinasti terakhir kekuasaanTiongkok yang berupa sistem pemerintahan  Monarki  (Kerajaan).  Dinasti  Manchu ialah  dinasti  asing  yang  berasal  dari  Manchuria. Ajaran kristen mulai timbul dan meningkat pada kurun  ini.  


Dinasti  Manchu  rampung  akhir  adanya pergolakan  nasionalisme  yang  dipimpin  oleh  Sun Yat   Sen  untuk   melakukan   perlawanan   terhadap kekuasaan  Dinasti  Manchu.  Akhirnya  pada  tahun  1911,  terjadi  revolusi  Tiongkok yang mengganti Tiongkok menjadi negara Republik yang dipimpin oleh Sun Yat Sen. 

Ajaran  Sun Yat  Sen  yang  terkenal  yaitu San  Min Chu i, ialah tiga asas kerakyatan ang mencakup nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme. Baca juga: Sirkum pasifik dan sirkum mediterania
Pengaruh peradaban lembah Sungai Kuning (Huang Ho) terhadap Indonesia yaitu selaku berikut.
1. Adanya  dogma  tentang  perhitungan  nasib  dan  peruntungan  menurut analisis anggota badan, mirip bentuk garis tangan.
2. Adanya  teori  kehadiran  Islam  ke  Indonesia  yang  berasal  dari  Tiongkok  yang meningkat pada kurun Dinasti Tang dan Ming.
3. Berkembangnya   kebudayaan   Tiongkok   di   Indonesia   dari   mulai   tradisi   sampai kuliner mirip mie, tahu, dan kecap.  


Gambar: disini, disini, disini