Blogger Jateng

Rangkuman Materi Pkn Kelas X Bab Hakikat Bangsa dan Negara

Bangsa dan negara ialah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perjalanan sebuah negara dimulai dari bangsa itu sendiri. 

Kali ini aku akan berikan rangkuman bahan Pkn wacana Hakikat Bangsa dan Negara. Semoga bermanfaat.
Baca juga: Hakikat dan Sifat Negara 
1. Manusia yaitu mahluk individual dan mahluk sosial. Karena itu insan menjalin korelasi dan berinteraksi dengan manusia lain dalam masyarakatnya. Manusia yaitu mahluk politik (zoon politicon) yang tidak mampu hidup sendiri.
2. Bangsa ialah sekelompok insan yang mempunyai hasratuntuk bersatu yang terjadi alasannya adanya persatuan nasib dan tinggal di wilayah tertentu selaku satu kesatuan. 

Menurut Ben Anderson, bangsa yakni komunitas politik yang dibayangkan dalam kawasan yang jelas batasnya dan berdaulat.
3. Indonesia menyatakan diri sebagai bangsa pada momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 sementara itu Indonesia menyatakan diri selaku suatu negara pada Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Baca juga: Soal Ulangan Bab Hakikat Bangsa dan Negara + Kunci

 satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain Rangkuman Materi Pkn Kelas X Bab Hakikat Bangsa dan Negara
Indonesia menjadi bangsa dikala momen Sumpah Pemuda
4. Unsur terbentuknya negara mencakup unsur konstitutif dan bagian deklaratif. Unsur konstitutif adalah a) penduduk yang menetap, b) daerah tertentu dan c) pemerintahan yang berdaulat. Unsur deklaratif negara kesanggupan berelasi dengan negara lainnya. Hal ini dimungkinkan bila negara telah mendapatkan pengakuan dari negara lain.
5. Batas maritim NKRI teridri dari Laut Teritorial, Landas Kontinen dan Zona Ekonomi Ekslusif.
6. Pentingnya pengesahan sebuah negara dari negra lain ialah untuk menjamin suatu negara gres mampu menduduki kawasan yang sejajar selaku sebuah organisasi politik yang merdeka dan berdaulat di tengah keluarga bangsa-bangsa. 

Ini juga untuk memelihara relasi baik dengan negara gres dalam waktu yang lama dan permanen.
7. Pengakuan de facto yakni akreditasi atas fakta adanya negara. Pengakuan de jure adalah pengesahan bahwa keberadaan negara itu sah menurut hukum internasional. 
8. Alasan negara mengakui negara lain ialah: a) keperluan melindungi kepentingan negara sendiri, b) pemeliharaan hubungan baik, c) kecenderungan yang tidak terelakkan dalam hubungan internasional dan d) ingin menunjukkan status yang manis dalam hukum internasional dan aturan nasional pada negara lain.
9. Ada banyak teori terbentuknya suatu negara antara lain a) teori perjanjian penduduk , b) teori ketuhanan, c) teori kekuatan, d) teori organis dan e) teori historis.
10. Tujuan didirikannya neagra ialah sama ialah mengusahakan kemakmuran umum. Ada banyak teori bagaimana tujuan itu diraih antara lain anarkisme, individualisme, sosialisme dan komunisme.
11. Nasionalisme adalah perilaku mental dan tingkah laku individu atau penduduk yang memberikan adanya loyalitas atau dedikasi yang tinggi bagi bangsa dan negaranya. Sementara patriotisme yakni paham perihal semangat cinta pada tanah air.

Baca juga: Contoh soal ulangan PKn bab hakikat bangsa