Blogger Jateng

Pengertian Pertumbuhan Wilayah (Regional Development)

Belajar geografi tentu saja akan memiliki persoalan dengan yang namanya wilayah atau region. Gak ada rgeion gak ada geografi namanya.

Wilayah ialah kajian utama geografi sebab berbagai fenomena terjadi dalam batasan wilayah permukaan bumi. 

Wilayah bisa diartikan selaku ruang di permukaan bumi dimana insan dan mahluk lainnya mampu hidup dan berkatifitas. 

Wilayah yaitu unit tata ruang yang terdiri atas jarak, lokasi, bentuk, ukuran atau skala. Dengan demikian selaku satu unit tata ruang yang dimanfaatkan insan, maka penataan dan penggunaan wilayah bisa terpelihara dan berkesinambungan.
Hadjisaroso menyebutkan daerah yaitu istilah untuk lingkungan pada umumnya dan tertentu batasnya. 

Contohnya nasional yakni istilah untuk wilayah dalam kekuasaan negara, dan tempat adalah ungkapan untuk batas kawasan dalam batas kewenangan kawasan. Pembangunan wilayah tidak terlepas dari pembangunan berkelnajutan.
Belajar geografi pastinya akan berurusan Pengertian Pertumbuhan Wilayah (Regional Development)
Bandara Kertajati Majalengka
Wilayah-kawasan di bumi ini terus bertambah dari sisi fungsi dikarenakan peradaban insan yang kian berubah. Pertumbuhan ekonomi wilayah menjadi sinyal maju tidaknya kawasan tersebut. 

Sejak pertengahan masa ke 20 para hebat sejarah perekonomian geografi mencoba merumuskan acuan pertumbuhan ekonomi suatu kawasan yang ideal. 

Penelitian terkait daerah-daerah yang terkenal berhasil pembangunan ekonominya menimbulkan beberapa teori mirip Growth Pole Theory yang mendasarkan diri pada proses perkembangan internal dan Teori Rostow tentang fase pertumbuhan ekonomi negara. 
Lalu apakan contoh dan teori perkembangan ekonomi sebuah daerah itu sama?. Apakah teori di negara-negara maju sama halnya terjadi di negara meningkat mirip Indonesia. 

Ini pantas kita pelajari alasannya adalah ada banyak faktor yang mensugesti pertumbuhan kawasan termasuk faktor genetik ras dan sejarah mula wilayah tersebut. 

Yang jelas perkembangan wilayah harus beriringan dengan kemajuan kualitas hidup insan semoga terjadi keseimbangan hidup.

Baca juga: Zona interaksi desa-kota Bintarto