Blogger Jateng

Pengertian Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara

Sebuah negara perlu rancangan ketahanan yang berpengaruh supaya bisa bangkit tegak. Ketahanan sebuah negara mesti dijaga semoga NKRI ini mampu tetap utuh hingga kiamat. 

Menurut konsepsi Ketahanan Nasional disebutkan bahwa seluruh faktor kehidupan nasional bisa diperinci dendan sistematika astagatra yang dibagi ke dalam trigatra dan pancagtra. 

Kita akan bicara perihal aspek trigatra terlebih dulu. Pengertian aspek trigatra adalah aspek yang bekerjasama dengan hal-hal alamiah. 

Aspek trigatra meliputi kondisi geografis, kekayaan alam dan kependudukan. Mari kita cek satu per satu. Baca juga: Aspek pancagatra pengetahuan nusantara
Sebuah negara perlu konsep ketahanan yang kuat agar bisa berdiri tegak Pengertian Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara
Indonesia punya deposit materi galian yang besar
a. Aspek Geografi Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografi berada diantara Benua Asia dan Australia serta diantara Samudera Pasifik dan Hindia. 

Letak geografis ini sungguh penting sebab mengambarkan bahwa Indonesia punya suatu kedudukan geografis di tengah-tengah jalur kemudian-lintas silang dunia. 

Karena kedudukannya yang strategis ini maka dilihat dari tiga faktor kesejahteraan di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, Indonesia telah banyak mengalami pertemuan dengan pengaruh pihak asing atau akulturasi. 

Globalisasi yang semakin intens menciptakan Indonesia menjadi salah satu sasaran industrialisasi.
b. Aspek Kekayaan Alam Indonesia punya peluangumber daya alam yang melimpah baik yang hayati maupun non hayati. Berbagai jenis hewan dan tanaman banyak ditemukan dari mulai Sabang hingga Merauke. 

Selain itu berbagai bahan galian strategis tersebar secara tidak merata di aneka macam pulau. Sumber daya alam mesti diolah dan dimanfaatkan dengan berprinsip pada asas keberlanjutan (maksimal, lestari dan berdaya saing).
1. Asas optimal artinya sumber daya alam yang diatur atau dimanfaatkan harus betul-betul membuat kesejahteraan dan kemakmuran penduduk . 2. Asas lestari artinya pengelolaan usmber daya alam dilarang menghancurkan lingkungan dan mengamati keseimbangan alam. 3. Asas daya saing artinya hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam negara lain.
c. Aspek Kependudukan Penduduk yaitu sekumpulan manusia yang menetap pada sebuah kawasan. Faktor penduduk yang menghipnotis ketahanan nasional adalah aspek kuantitas dan kualitas. 

Faktor kuantitas penduduk terkait dengan jumlah dan sebaran masyarakatsementara aspek mutu terkait dengan kesehatan, pendidikan dan acuan hidup. Baca juga: Ini Dia Dampak Letak Astronomis Indonesia di Kehidupan
Gambar: disini